CAMAT RASBAR : ADAKAN PERTEMUAN SOSIALISASI VAKSINASI COVID 19 LINTAS SEKTOR TW 1 SE-KECAMATAN RASANAE BARAT


Rasanae Barat Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. Camat Rasanae Barat mengadakan pertemuan terkait dengan Sosialisasi tentang Vaksinasi Covid 19 dengan mengucapkan Selamat siang selamat beraktivitas bagi selurus masyarakat Kota Bima terutama Masyarakat di lingkungan Rasanae Barat pada Hari ini 27 / 01 / 2021 


Kegiatan tersebut bertempat di Puskesmas Paruga di adakan kegiatan "pertemuan lintas sektor TW 1 sekecamatan RasanaE Barat sekaligus sosialisasi terkait Vaksinasi covid-19" dihadiri Oleh Camat Rasanae Barat Hj. Suharni Sidik, Kepala Puskesmas Paruga, bhabinkamtibnas,dan  Babinsa di lingkungan Rasanae Barat.


Camat Rasanae Barat mengucapkan Terima kasih dan Penghargaan setinggi-tinnginya kepada Pemerintah Kota Bima dan kepada Masyarakat karena beberapa hari yang lalu Kecamatan Rasanae Barat telah di nobatkan menjadi Pelaku PPAT untuk Kepengurusan Tanah yang bekerjasama dengan Pemerintah, jadi Masyarakat yang memiliki dan mengurus Ajta Tanahnya akan langsung di Urus di Kantor Kecamatan nya saja. 


Juga kami tidak lupa ucapkan Terima kepada Tim yang menghadiri acara yang di adakan okeh kita Terkait dengan kegiatan Vaksinasi Virus Corona ini. Semoga apa yang di sampaikan oleh Narasumber nantinya ada manfaatnya untuk kita semua terutama untuk menjaga menjaga kesehatan kita dari teroaoar nya virus Corona ini. 


Sebelumnya mimin akan jelasin dulu nih, apa sih itu Vaksin dan bagimana sih tahap dan alurnya proses Vaksin covid-19 ini.nah ini mimin ringkas berdasarkan Hasil Kesimpulan dari apa yang sudah di sampaikan oleh Narasumber Narasumber terpecaya dalam Dunia Kesehatan berdasarkan kegiatan sosialisasi tersebut di atas, Jadi di jamiiin NO HOAX.


Menurutnya, Vaksin merupakan zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Nah,Terkait Jenis Vaksin Covid yang digunakan di indonesia Khususnya NTB menggunakan Vaksin Jenis "SINOVAC" dimana Vaksinnya berisi mikroorganisme, Seperti virus atau bakteri, yang sudah dimatikan.


Sehingga yang tersisa hanya protein dari Virusnya yang aman untuk Tubuh Manusia.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal bulan ferbruari mendatang akan dilakukan Vaksin untuk Nakes beserta 10 pejabat terpilih yg Akan menjadi rolemodel vaksinasi  se kota bima. Dilanjutkan bulan berikutnya TNI dan POLRI beserta ASN dan dilanjutkan dengan masyarakat sipil.


Kemudian penyuntikan Vaksin dilakukan sebanyak 2x (dua kali), dimana vaksinasi ke 2 dilakukan setelah 14 hari dari vaksinasi yang pertama.Nah.Alur pelaksanaan vaksin melalui 4 tahap nih. Jelasnya antara lain;

1). Tahap pertama, Undangan vaksin akan masuk melalui via sms pada masing masing pengguna handphone, kemudian penerima sms menjawab  dengan Membalas Ya/Tidak, apabila peserta menjawab TIDAK maka akan diteruskan langsung ke petugas Kepolisian maupun TNI untuk menanganinya. Apabila menjawab YA maka akan lanjut ke tahap pendaftaran di puskesmas terpilih,


(2)  tahap Kedua, screening dimana Tenaga Kesehatan yaitu Dokter akan menganalisa apakah peserta memiliki penyakit bawaan atau tidak, jika memiliki penyakit bawaan maka tidak bisa dilakukan penyuntikan Vaksin.


(3) tahap ketiga, pemberian/penyuntikan Vaksin bagi peserta yg lolos tahap screening dan dinyatakan sehat untuk di vaksin

(4)Tahap Terakhir, observasi setelah di vaksin


Lanjutnya, Setelah di vaksin peserta akan memperoleh sertivikat vaksin covid-19 yg dapat digunakan juga sebagai pengganti surat keterangan "Rapid Antigen" untuk perjalanan jauh Luar kota.


Vaksin akan di suntikkan pada peserta Vaksin dikisaran usia 18-59 Tahun, karena menurut beberapa penelitian  usia tersebut yang sangat renta terkontaminasi virus Corona.


Untuk itu, Dengan adanya Vaksin Covid-19 ini diharap bisa meminimalisir bahkan memutus rantai penularan covid-19 di Indonesia. oleh karena itu jangan takut di Vaksin ya.Mimin aja siap kok di Vaksin.sambil bercanda dengan para audien


Semoga Samena na Weki masyarakat Rasanae Barat selalu diberikan Kesehatan ya, dan jangan Lupa menerapkan 3M dalam kehidupan sehari hari dengan,Memakai_Masker, Mencuci_Tangan, Menjaga_jarak, dan No Hoax Hoax ya.Have a nice day :)(MDG 020).

Load disqus comments

0 comments