KAJIAN ISLAMI PT.GERBANG NTB EMAS BERSAMA USTADZ MILENIAL


Berta Islami : Ustadz Milenial : Jaga Shalatmu, Maka Hidupmu akan Bahagia Dunia Akhirat.Kajian pekanan PT. Gerbang NTB Emas Jumat, 29 Januari 2021 berlangsung khidmat dan sangat mengena dengan tema yang dibahas yaitu tentang shalat dan siksaan bagi yang meninggalkan shalat. Penceramah kajian diisi oleh Ustadz Muhammad Ulil Huda,S.H.I,L.c atau yang akrab disapa ustadz melenial. 


Ustadz melenial dengan khasnya mampu membuat suasana kajian di Musalla Ar-Rizky GNE menjadi cair dan menyenangkan. Ustadz melenial memang ustadz yang sangat digemari oleh kaum emak-emak dan para melenial dengan pembawaanya yang cool. Tema atau isi ceramah yang berat bisa dibuat lebih hidup dan bergairah untuk digali dan apa yang disampaikan  sangat runut dan sistimatis sehingga mudah dipahami. 


Bersyukur adalah kata yang paling pantas diucapkan oleh seorang muslim yang masih bisa bernafas ,menghirup udara segara dipagi hari, karena banyak diluar sana, saudara muslim yang sedang terbaring lemas dirumah sakit. Banyak musibah yang menimpa saudara kita diluar sana menjadi pengingat dan pelajaran hidup yang bisa diambil untuk terus memperbaiki amalan terbaik kita menghadap Allah SWT. 


Shalat bagi muslim adalah kewajiban, dimana shalat adalah tiangnya agama. Ketika shalatnya baik, maka amalan lainnya akan mengikuti, akan tetapi sebaliknya, ketika shalatnya jelek, maka amalan lainnya juga kurang baik. Hisab atau pertanggung jawaban yang pertama ditanya oleh Allah SWT adalah tentang shalat. 


Perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat sebut aja era digital saat ini, shaf-shaf di Masjid hanya diisi oleh kaum tua atau sepuh. Ketika sholat subuh, lihatlah berapa orang yang datang ke Masjid, tidak lebih dari lima atau sepuluh orang, sedangkan Masjidnya luarbiasa mewah dan lantai dua pula. Fenomena ini memang sudah biasa terlihat dimana-mana. Kaum muda terlena dengan game online, buat perkumpulan maniak kopi, geng motor danlainnya. 


Shalat sesungguhnya suatu yang sangat dinanti waktunya, karena ketika seorang hamba sedang mengerjakan shalat, tidak ada penghalang baginya dengan Tuhannya. Hamba dan sang khalik langsung berdialog denga Rabbnya. Shalat sebagai barometer dekatnya hamba dengan Tuhannya. Gerakan Sholat sesunghuhnya mempunyai nilai yang sangat baik tidak hanya kesehatan rohani saja, akan tetapi ke jasmani juga.  


Ada beberapa ganjaran siksa langsung atau cash yang di timpakan bagi seorang hamba yang meninggalkan sholat tanpa uzur yang jelas atau syar’i diantaranya: 


Didunia: Keberkahan hidupnya dicabut oleh Allah SWT, hidup akan terasa hampa, sunyi, galau walaupun penuh perhiasan duniawinya. Dicabutnya cahaya atau nur di wajahnya, Doa nya tidak akan pernah dikabulkan oleh Allah SWT, seluruh amal sholehnya sia-sia, tidak dapat bagian dari doanya orang sholeh, dibenci oleh semua mahluk ciptaan Allah. Di saat sakaratul maut orang meninggalkan shalat akan mati dalam keadaan suulhotimah atau mati dalam kehinaan, akan mendapatkan rasa lapar dan haus yang berlebihan. Di dalam kubur, mayatnya akan dihimpit oleh tanah sehingga semua tulang-belulangnya berguguran, Allah datangkan api dan ular raksasa didalam kuburnya. Di Akhirat, dimurkai oleh Allah dan siksaannya sangat berat di neraka. 


Ada satu kisah pada zaman nabi Isa A.S, di kitab Musafatul qulub (Imamn Al-Ghazali)  suatu hari nabi Isa mengunjungi sebuah kampung yang subur, melimpah, dengan keberkahan yang dimiliki kampung ini. Setelah satu tahun kemudian, nabi Isa mengunjungi kembali kampung tersebut , tapi anehnya kampung tersebut berubah menjadi kampung yang kering kerontan hampir tidak ada tanda kehidupan. Melihat fenomena tersebut nabi Isa memohon petunjuk dan berdoa kepada Allah SWT, kenapa kampung ini bisa terjadi seperti ini?


Lalu di Jawab oleh Allah SWT, keberkahan kampung  ini dicabut, karena pernah ada orang yang meninggalkan sholat yang lewat, lalu minum air di sumber mata air dikampung ini. Semoga kisah ini kita bisa ambil pelajarannya, mendidirikan shalat menegakkan tiang agama dan orang yang meninggalkan shalat secara sengaja tanpa uzur syar’i ibarat merubuhkan tiang agama. Semoga Allah SWT memberikan kita selalu hidayah dan taufiknya untuk mengerjakan shalat awal waktu dan dimasjid amin ya rabbal alamin. (Humas dan Media)

Load disqus comments

0 comments