Dirut GNE: Potensi Desa Sangat Luarbiasa,Ketika Dibarengi Sentuhan Akademis


Mataram NTB. Media Dinamika Global. Id. Zoom Meeting yang diadakan oleh Universitas Mataram kerjasama FEB Unram dan PT. Gerbang NTB Emas dengan mengangkat  tema singkroninasi pengabdian dosen dan program magang mahasiswa pada pengembangan desa binaan. Zoom meeting yang berlangsung sekitar 9:30 terlihat peserta sangat antusias untuk mendengarkan pemaparan Direktur Utama PT. GNE Samsul Hadi. 


PT. Gerbang NTB Emas dengan program TDC Mahadesanya sudah  sejak dua tahun lalu bergerak didesa. Desa hari ini sangat berbeda dengan desa sebelum adanya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. 


Dulunya  desa tidak pernah dilirik dan diperebutkan akan tetapi, saat ini bisa dilihat, geliat orang berbondong-bondong mencalonkan diri sebagai kepala desa.


Adanya dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat  sejak tahun 2015 desa menjadi primadona dan sangat seksi. Desa binaan dalam konteks  Kuliah lapangan oleh mahasiswa saat ini sangat berguna dalam membantu dan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada didesa. 


Geliat desa  tersebut menjadi salah satu pendorong serta motivasi PT. GNE melalui program TDC Mahdesa yang bekerjsama dengan Bumdes untuk memaksimalkan peran Bumdes dalam peningkatan disektor ekonomi. 


Adik-adik mahasiswa yang kuliah lapangan didesa kedepannya bisa membangun dan kolaborasi untuk meningkatkan peran aktif Bumdes baik manajemennya, sumber daya manusianya ditraining dan dilatih secara intensif oleh mahasiswa yang lagi kuliah lapangan papar Dirut GNE. 


Lebih lanjut Dirut mengungkapkan, mahasiswa yang sedang kuliah lapangan juga bisa membantu menggali potensi sumber daya yang ada,sehingga  bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. 


Bagi dosen pembimbing kuliah lapangan bisa mendapat kredit poin baik secara akademis dan kebermanfaatan ditengah masyarakat desa apa yang dipelajari dikampus secara teori bisa dipraktikkan dilapangan tutur dirut GNE sebagai pemantik diskusi Via Zoom.

Load disqus comments

0 comments