Penyuluh Pertanian PPL Beri Bimbingan Pengetahuan Masyarakat Desa Simpasai Monta terkait Peningkatan Hasil Pertanian.


Simpasai Monta Bima. Media Dinamika Global. Kamis, 18/02/2021. Terjun lapangan merupakan tugas dari pada penyuluh pertanian lapangan (PPL) memberikan pengarahan, pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat Petani sehingga bisa mebantu mengatasi kesenjangan yang terjadi terhadap petani  sehingga nantinya mereka juga bisa meningkatkan hasil pertaniannya. (20/02). 


Namun sebelum melakukan penyuluhan petugas harus melakukan pendekatan terhadap kelompok atau perorangan agar materi yang akan disampaikan dapat di pahami dan di cerna dengan baik oleh Petani, Penyuluh Pertanian juga memiliki peran strategis dalam rangka memberikan respon terhadap Petani yang terdampak covid 19 terutama Petani di Pedesaan.


Disamping itu juga masyarakat harus mau merubah cara berpikir, cara kerja, cara hidup yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada pada saat ini, dan apa yang di lakukan oleh petugas Penyuluhan Pertanian lapangan (PPL) Kecamatan Monta. 


Pada saat ini sudah efektif dan efisien dan  sangat membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh Petani khususnya Petani yang ada di Desa Simpasai, Pak Suparmin, SP yang didampingi oleh anggotanya turun ke Lapangan memberikan pengarahan dan pengetahuan tentang bagaimana cara Penanaman,Pemupukan Padi yang benar sehingga pertumbuhannya tetap subur. 


Beliau juga menjelaskan fase fase pertumbuhan padi baik itu anakan sampai pada warna daunnya akan diketahui tanda tanda bahwa Padi tersebut subur atau tidak ujarnya, maka beliau berharap agar masyarakat mau bekerja sama dalam mengatasi persoalan yang terjadi di kalangan petani.



Pak Yunus Arsyad selaku Ketua kelompok tani menjelaskan jika kita mengikuti arahan dari petugas PPL maka bukan hanya hasil pertanian yang bisa maju akan tetapi Kita semua bisa menghadirkan efektifitas atau kemampuan yang lebih baik, 


Lanjutnya, memang pada intinya Penyuluh harus mendampingi Petani dalam memberikan Pemahaman dan Pengetahuan di Bidang Pertanian, dengan keterbatasan fasilitas di Pedesaan Penyuluh harus kreatif dan berinofatif memanfaatkan teknologi yang ada, tersedia yang mudah di akses oleh Masyarakat Pedesaan ujarnya. Foto dan Penulis Anwar. (MDG.005). 

Load disqus comments

0 comments