TINGGI INSENTITAS HUJAN MENGAKIBATKAN BANJIR, HINGGA MERUSAK FASILITAS UMUM TAMBORA


Tambora-Bima-NTB. Media Dinamika Global.id- Insentitas hujan seminggu terakhir ini sangat tinggi mengakibatkan banjir dan menghancurkan fasilitas umum di Kecamatan Tambora. Fasilitas umum tersebut meliputi Sekolah Dasar, jembatan, pustu kesehatan dan masjid, banjir tersebut merupakan banjir kiriman dari gunung akibat hujan yang cukup tinggi selama 4 hari berturut-turut ditambah aktifitas masyarakat yang menanam jagung sehingga daya tampung air hujan di gunung berkurang. Senin, 2 Februari 2021.


Sekolah Dasar (SD) yang terdampak banjir tersebut adalah SDN 01 Labuan Kananga, SDN 02 Labuan Kananga dan SD Inpres Sonae. Ketiga sekolah dasar tersebut tergenang air dan lumpur sehingga pihak sekolah meliburkan siswanya.



Ketua BPD Kawinda Nae Ramadhan, S.Pd menyampaikan, Jembatan yang putus adalah jembatan di dusun Rasa Nggaro desa Kawinda Nae, jembatan di desa Rasabou dan jembatan di Oi Panihi. Jalan yang putus jembatannya tersebut merupakan jalan propinsi dan satu-satunya jalan penghubung antar desa Se-Kecamatan Tambora.


Lanjut Ketua BPD Ramadhan, S.Pd "Banjir di Desa Kawinda Nae sekarang ini baru kali ini terjadi sampai menggenangi desa dan memutus jembatan di dusun Rasa Nggaro". Padahal jembatan tersebut merupakan jalan penghubung antar desa dan tidak ada jalan alternatif yang lain. Diharapkan kepada pemerintah daerah agar mendatangkan alat berat untuk memparbaiki sementara agar jalan tersebut bisa dilalui," Ujarnya.


Tambah BPD berharap agar masyarakat di Tambora dibantu untuk kebutuhan sembako karena akibat banjir ini aktifitas masyarakat lumpuh total," Tutupnya. (MDG.07).

Load disqus comments

0 comments