DO' A TULA BALA : Tradisi Kelurahan Dodu Masih Mengental di Wilayah Bima NTB.


Dodu Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. Turut serta dan mengikuti Jalannya Acara DO'A TULA BALA( Do'a mohon Dijauhkan Dari Bala Bencana, Mala Petaka, Mara Bahaya.)MOHON KESELAMATAN terhadap Tradisi yang masih melekat dalam Jiwa Raga di Kelurahan Dodu yang sampai saat ini masih di lestarikan dan Tradisi setiap Tahunnya bagi Warga Dodu sekitarnya dan umumnya Wilayah yang ada di Bima NTB. (11/03). 


Acara Tradisi Do'a Tula Bala ini bertujuan agar kita semuanya bisa terhindar dari berbagai Bala, Bencana, Mala Petaka, dan Mara Bahaya terutama terhadap Kampung Halaman kita dan juga kepada seluruhnya. Do'a tersebut dilaksanakan secara bersama-sama oleh Kaum Tua atau Tokoh Adat, Agama, Masyarakat dan semua Warga Kampung dengan mengucapkan secara bersama-sama pula dengan menengadahkan tangan memohon kepada Rabbul Izzati. 


Salah seorang Pemandu dan atau Tokoh Adat yang mempunyai acara tersebut mengungkapkan hal ikhwal pentingnya Acara seperti ini dengan tujuan agar Mara Bahaya, Bencana, dan seterusnya yang selalu menimpa kita di hampir setiap Tahun ini bisa di Minimalisir, dengan satu keyakinan memohon kepada Allah SWT agar kampung kita ini tidak kena Bencana seperti yang terjadi saat ini. 



Saat ini lanjutnya sebagaimana kita lihat di Bima ini sering terjadi Banjir yang memakan korban jiwa, Moril dan atau Materil semua ini tidak bisa di pungkiri. Dan ini tidak bisa di biarkan begitu saja, sebab Allah sendiri mengatakan dalam Al-Qur'an yang artinya : 'Memohonlah dan atau berdoalah kepadaku, niscaya aku akan mengabulkannya'. 


Dari sini menurutnya sebagai Manusia tentunya kita harus bisa memanfaatkan situasi seperti ini agar kita bisa memohon kepadanya sekiranya Allah SWT. Akan mengabulkannya. Dengan acara Ritual dan Tradisi Doa Tula Bala ini akan membawa Dampak Positif bagi para Warga kita  agar terhindar dari mara Bahaya yang selalu mengancam kita ini. 


Sementara di bagian lain salah satu Tokoh Masyarakat juga merasa sangat bangga dengan masih mengentalnya Tradisi semacam ini. Ini sebuah Tradisi atau kebiasaan sejak Zaman Kerajaan sampai dengan hari ini. Dan kita berharap dapat di pupuk dengan baik dan di lestarikan dalam setiap tahunnya. 


Untuk itu, di Kelurahan Dodu ini masih sangat mengental dengan acara DO'A Tula Bala ini agar kita semua bisa terhindar dari Bahaya dan Bencana. Semoga kita semuanya menjadi orang yang percaya bahwa Allah SWT akan menerima DO'A apabila memohon kepadanya. Harapnya dengan optimis. (MDG 021).

Load disqus comments

0 comments