Peran Serta LPM Provinsi NTB, Dalam Pembangunan di Desa


BIMA NTB, Media dinamika global-id.~ Lembaga Pemberdayaan Masyarakat LPM provinsi Wahyudin H. Anwar, SH. Selaku LPM provinsi adalah lembaga mitra strategis diluar Pemerintahan Desa yang membantu dalam meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan masyarakat Desa. 

Selain meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan bagi masyarakat, LPM juga ikut serta didalam perencanaan, pelaksanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Sedangkan tugas LPM sendiri sebagai lembaga provinsi NTB dan desa antara lain;

Melakukan pemberdayaan masyarakat Desa,

Ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan

Meningkatkan pelayanan masyarakat Desa. Sedangkan fungsi LPM yaitu;

Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, Paparnya Wahyudin H. Anwar, SH. 

Menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyaraka,

Meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa, Ujarnya.

Menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan,melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif,

Menumbuhkan, mengembangkan, dan menggerakkan prakarsa, partisipasi, swadaya, serta gotong royong masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara wartawan media dinamika global-id. Pada kamis, (09/06/2023). Pukul, 09:00 WITA melalui via/telpon.

Meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sebagai mitra pemerintah desa dalam pembangunan di desa, LPM Desa adalah lembaga yang terbentuk atas prakarsa masyarakat yang tujuannya membantu Pemerintah Desa dalam meningkatkan aspirasi dan pelayanan guna penyelenggara an dan pembangunan Desa yang lebih baik. 

Maka diharapkan ada sinergi yang baik antara pemerintah desa dan LPM desa, sehingga rencana pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. 


Semoga Allah SWT memberikan beliau mendapat loby orang dari pusat ingin rencanakan pembangunan desa setempat dapat terlaksanakan dengan baik dan lancar. Pungkasnya, (Wawan s MDG/006).

Load disqus comments

0 comments