Camat Wawo Puji Kades Maria Lakukan Peringatan Hari Jadi Desa Maria Ke-223, Kegiatan Lomba Tingkat RT/Dusun


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. - Kemeriahan masyarakat Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dalam menyambut hari jadi Desa Maria Ke-223 sangat luar biasa, hal ini terbukti dengan banyaknya perlombaan yang dilaksanakan, mulai dari tingkat pelajar, wanita, pemuda, RT, Dusun sampai tingkat desa. Selasa (11/07/2023).

Selain perlombaan Desa Maria dengan berbagai penampilan baik dari segi kesenian budaya serta hiburan di 4 dusun berbeda pada waktu bersamaan terdiri dari : Dusun Maria, Dusun Panggalasa, Dusun Temba Mbojo dan Dusun Fo'o Mboto dengan jumlah RT secara keseluruhan adalah 20.

Tim penilai Lomba RT/Dusun Desa Maria, antara lain terdiri dari:
1. Kasi Trantib Kecamatan Wawo (Utusan dari Kecamatan Wawo)
2. Bripka Wahyudin (Utusan dari Polsek Wawo)
3. Adifian, S. Km (Utusan dari UPT.Puskesmas Wawo)
4. Sertu Muhdar ( Utusan dari Koramil Wawo 06-1608/Bima)
5. Satu orang dari unsur Panitia H. Nurdin H. M. Saleh Selaku Ketua Tim Penilai.

Dengan kriteria dalam penilaian dalam rangka peringatan hari jadi Desa Maria ke-223 Tahun 2023, sebagai berikut : Partisipasi masyarakat, kebersihan, kerapian, keindahan, RT terang benderang, dan rumah sehat. ​​​​​​

Tujuan dari lomba kebersihan lingkungan tersebut adalah agar supaya masyarakat desa Maria lebih peduli dengan kebersihan lingkungan, oleh karenanya dengan lingkungan yang bersih maka masyarakat akan lebih sehat dan nyaman, ujar Kepala Desa Maria Imran Ibrahim.

Kepala Desa Imran Ibrahim dalam mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, Panitia, Tim Penilai juga kepada masyarakat Desa yang telah mendukung Pemdes Maria sehingga bisa mengadakan program lomba antar RT/Dusun mewakili.

“Saya atas nama Desa berterima kasih telah diberikan kesempatan memimpin Desa Maria tercinta dan saya merasa terharu sekali kepada masyarakat yang begitu antusias dalam meramaikan serta berpartisipasi secara langsung kegiatan ini demi visi Maria Maju”, katanya.

Dirinya berharap dengan bisa membawa Desanya maju dan memberikan magnet positif bagi pemerintah Desa serta masyarakatnya untuk kemajuan Desanya.

“Semoga dengan adanya penilaian lomba tingkat RT/Dusun Desa ini membawa semangat positif untuk kemajuan Desa kami,” ujarnya.

Sementara Camat Wawo Syarifudin Bahsyar,S.Sos memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Maria terkhusus kepada Kepala Desa Maria yang selalu memiliki tekad dan semangat dengan ciri khasnya gaya kepemimpinannya yang berbeda dengan Desa lain serta ucapkan terimakasih kepada BPD, Perangkat Desa, Karang Taruna Pelopor, Panitia, Tim Penilai, Ketua-ketua RT dan tidak kalah hebatnya partisipasi masyarakat yang begitu semangat dalam memeriahkan kegiatan ini.

" Jujur saya merasa terharu dengan keadaan seperti ini, dengan partisipasi masyarakat mulai dari penataan lingkungan Bahkan penyambutannya begitu Luarbiasa merasa melebihi dari tim penilai tingkat nasional", ungkap Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S. Sos.

Dalam hal ini selaku kepala wilayah sudah menghimbau desa-desa yang lain yang berada di Kecamatan Wawo. Perlu diakui bahwa Desa Maria begitu luar biasa sudah mendahului setiap apa yang direncanakan oleh Pemerintah Kecamatan.

"Semoga Desa yang lain bisa mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Desa Maria, bahkan saya mendapatkan informasi bahwa ada dua Desa yang akan mengadakan lomba tingkat RT/Dusun di wilayahnya. Dan sekarang sedang membentuk panitia dalam rapat di Desa tersebut." Tuturnya.

Syarifudin Bahsyar,S.Sos menambahkan bahwa mengakui gaya kepemimpinan kades maria yang memiliki ciri khas tersendiri. Dalam penyampaiannya juga mengungkapkan dihadapan masyarakat bahwa mereka tidak salah memilih Imran Ibrahim Sebagai Kepala Desa Maria yang memiliki keinginan yang begitu kuat serta sikap ketegasan kepada bawahannya juga masyarakat.

"Masyarakat tidak salah memilih Kepala Desa Maria, karena dengan gaya kepemimpinan beliau sudah banyak membawa perubahan sesuai dengan Visi Maria Maju. Sebenarnya beliau itu tidak keras akan tetapi lebih ketegasan dalam memimpin. Saya yakin ditangan beliau Desa Maria akan menjadi Desa yang Maju".pungkasnya.

Terakhir dalam penyampaiannya, bahwa nanti diharapkan kepada seluruh warga masyarakat dan Kepala Desa se-Kecamatan Wawo untuk dapat memeriahkan acara puncak peringatan hari jadi Desa Maria Ke-223 tahun 2023 nanti pada tanggal 13-15 Juli 2023 dengan dirangkaikan acara pawai nantinya.


Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S. Sos, Kepala Desa Maria Imran Ibrahim, Kepala UPT. Puskesmas Wawo Masturudin, SKM, Ketua TP. PKK Desa Maria beserta anggota, Perangkat Desa Maria, Panitia beserta Tim Penilai, Ketua BPD Desa Maria Abdul Muzakir, S. Adm beserta anggota, Ketua Karang Taruna beserta anggota,Mahasiswa KKN Kampus IAIM (Institusi Agama Islam Muhamadiyah) Bima, Ketua-ketua RT/RW se-Desa Maria, tokoh perempuan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan yang hadir.

Redaksi : Aji Rhey
Load disqus comments

0 comments