HJR Memperingati Hari Kelautan Nasional


Sumbawa, Media Dinamika Global.id.~ Memperingati hari Kelautan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Juli, Anggota DPR RI Dapil 1 Pulau Sumbawa, Johan Rosihan mengajak masyarakat untuk fokus pada pengelolaan laut 

Seperti yang kerap digaungkan oleh Johan, laut adalah salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Pulau Sumbawa. “Dengan wilayah yang sebagian besarnya adalah lautan, maka tentu perlu ada kesadaran kita bersama untuk menjaga kualitas laut. Di laut itu ada mata pencaharian sebagian besar warga kita, jadi harus ada upaya optimal dari pemerintah serta masyarakat untuk bekerjasama.”

Politisi dari PKS tersebut juga menyebutkan jika bantuan dan program yang diberikan kepada para nelayan dan masyarakat pesisir diharapkan menjadi alat untuk mengembangkan pengelolaan laut di Pulau Sumbawa. 

“Kami berupaya terus mendukung kualitas hasil kelautan serta bantuan kepada para nelayan agar muncul keinginan untuk meningkatkan produktivitas kegiatan nelayan. Hasil laut kita sudah banyak di jual ke luar Pulau Sumbawa, artinya hasil laut kita memiliki kualitas. Tinggal bagaimana kita menjaga kualitas tersebut meningkatkannya.”

Meningkatkan pengelolaan kelautan di Pulau Sumbawa tidak hanya menjadi tanggungjawab nelayan dam masyarakat pesisir. Johan menekankan adanya komitmen dan kolaborasi dari smeua pihak untuk turut serta fokus pada pengelolaan hasil laut.

“Tentu dengan kerjasama dari berbagai pihak, maka tidak akan sulit bagi kita untuk mengembangkan potensi laut. Kolaborasi dengan pengusaha mikro dan makro serta dukungan kebijakan dari pemerintah menjadi unsur yang tidak bisa dipisahkan dari upaya peningkatan hasil laut du Pulau Sumbawa”. Johan meyakini jika dengan kerjasama dan komitmen bersama antara masyarakat dan pemerintah, maka pengelolaan hasil laut juga akan maksimal.

Secara lebih jauh, Johan menyebutkan jika saat ini sektor kelautan sudah mulai mengalami peningkatan. Johan mengaku akan mengawal program-program yang ada di pemerintahan nasional untuk bisa menjangkau Pulau Sumbawa.. 

"Seringkali kita mengadakan bimtek kepada para nelayan agar tercipta wawasan dan keinginan untuk mengelola laut kita dengan strategi yang tepat. Kedepannya juga kita upayakan agar semakin banyak program pemerintah yang sampai ke Pulau Sumbawa.” (SekjendMDG).

Load disqus comments

0 comments