BRIDA Gandeng SMP 9 Kobi Untuk Melakukan Berbagai Metode Pendidikan


Media Dinamika Global.id.~ Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima merancang Kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kerjasama tersebut meliputi pengembangan Pendidikan di Kota Bima selain itu Brida dan UPI juga merancang kerjasama bidang Pengembangan Riset dan Inovasi.

Salah seorang peneliti BRIDA yang juga alumni UPI, Ahmad Yani, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, BRIDA sangat ingin Kota Bima melangkah lebih maju dalam hal pengembangan Pendidikan, untuk itu dirinya sebagai wakil BRIDA diutus menemui petinggi kampus tersebut membahas Kerjasama antara kedua Lembaga, termasuk Kerjasama bidang Riset dan Inovasi, dengan menemui Arvian Triantoro, M. Si., yang menjabat kepala Divisi inkubator bisnis dan kewirausahaan DIPUU (Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan Universitas).

Ia menjelaskan, ada 3 divisi pada DPUU, yaitu devisi inovasi dan HKI, divisi pusat unggulan dan divisi inkubasi bisnis dan kewirausahaan. Dalam pertemuan tersebut UPI bersedia untuk membackup Kerjasama dan berkolaborasi dalam hal rencana pengembangan Pendidikan di Kota Bima.

“Konteksnya bisa berbicara mutu dan daya saing, peningkatan SDM Guru, melalui pendampingan yang konsisten dan berkelanjutan dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi UPI, serta program beasiswa bagi guru- guru yang akan melanjutkan ke jenjang S2 dan S3,” jelasnya.

Menurut dia, UPI memiliki banyak inovasi pendukung peningkatan literasi dan inovasi, yang bisa saja diikat dalam system Kerjasama seperti pendampingan dan pelatihan. “Selain itu juga inovasi STEAM bisa dilakukan pendampingan dengan UPI,” bebernya.

UPI membentuk Lembaga yang menangani Inovasi yakni Direktorat inovasi yang dibentuk sejak tahun 2020.

Selain mengunjugi Direktorat Inovasi dan Pusat Unggualan UPI, BRIDA juga berkunjung ke Fakultas Pascasarjana UPI dan Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mempelajari pengembangan riset dan inovasi mahasiswa dan dosen terkait Pendidikan.


Langkah BRIDA tersebut tak terlepas dari keinginan Kepala BRIDA, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, yang sangat konsen melakukan berbagai terobosan agar Kota Bima lebih maju dengan berusaha belajar dari daerah daerah yang terlebih dahulu maju, berbagai pengembangan yang dilakukan itu merupakan bagian dari tugas BRIDA dengan mengadopsi berbagai metode serta berbagai riset yang telah dilakukan, baik oleh BRIDA maupun Lembaga lain di Indonesia.(sekjenMDG).

Load disqus comments

0 comments