Kegiatan Sosialisasi Permainan Rakyat Dan Olahraga Tradisional Ntumbu Tuta Di Kantor Desa Kananta Soromandi


Soromandi Bima. Media Dinamika Global.Id. - Pada hari Jum'at 11 Agustus tahun 2023 sekitar Pukul 08. 00 Wita - selesai, telah dilakukan kegiatan sosialisasi permainan rakyat dan olahraga tradisional yang bertempat di Aula kantor desa Kananta Kecamatan Soromandi, kegiatan ini adalah sebuah proses mengembalikan dan mengenang kembali adat budaya yang terdahulu dilakukan oleh tokoh-tokoh tertua. Kali ini yang menjadi Narasumbernya salah satu Putra Terbaik yang dimiliki Oleh Desa Kananta Kec.Soromandi Kab Bima NTB. 

Putra Terbaik Kananta bernama Dr. Khairul Amar, yang juga berprofesi sebagai Dosen salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Bima tepatnya di Kampus STKIP Taman Siswa Bima. Narasumber yang sudah di ragukan lagi kredibitas dalam konteks Disiplin Ilmunya, Beliau mencoba mengulas Masalah Budaya atau Tradisional yang seolah-olah Tradisi tersebut seakan di lupakan oleh Era Milenial ini.

Karenanya, anak generasi dulu yang hampir punah dan terkikis, dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh,,(Dr. Khairul Amar) sebagai Narasumber dalam memberikan sebuah pandangan tentang pelestarian budaya -budaya seperti permainan kuno,,Ntumbu tuta, main kelereng, main sejenis lainnya.

DR. Amar sapaan akrapnya mengungkapkan bahwa Budaya Kuno seperti Ntumbu Tuta, Main Kelereng, Mpaa Kawongga, Mpaa Kaleli atau sejenisnya merupakan Adat atau kebiasaan bagi Masyarakat kita yang ada di Donggo dan Soromandi, ini menunjukkan bahwa Budaya ini seakan di lupakan saja, padahal jika di lihat dari Prospeknya Budaya ini harus kembali di budayakan, dan atau dilestarikan sehingga konsep ini seakan tak pernah punah.

Lanjutnya, kegiatan ini di selenggarakan berlangsung dan di Hadiri berbagai tokoh masyarakat, Kelompok Sadar Wisata PokDarwis, Pendamping Desa Kananta Kecamatan Soromandi ikut serta dalam memberikan tanggapan dan pendapat,, tentang bagaimana kedepannya bisa terus pertahankan tradisi dan melestarikan budaya tersebut dengan dukungan dari pihak pemerintah desa sampai ke pusat.

Masing-masing pihak tertentu menyampaikan hal yang sama agar sekiranya lebih positif memperhatikan tradisi itu, mengingat era modern ini yang penuh dengan jaman digital sehingga budaya tersebut hampir punah dan hilang.

Pantauan Langsung Media ini bahwa situasi dan kondisi saat ini cukup lancar, dan Dinamis sehingga Diskusi pun amat lancar.

#. MDG 203. #

Load disqus comments

0 comments