Biodynamic Pupuk Organik Bersama dr. Ida Bagus Kesnawan, MM Dan Petani Bali


Tabana, Bali. Media Dinamika Global. Id - Minggu 03/09/2023 Petani Tabanan Bali kesulitan mendapatkan pupuk karena harga yang melambung tinggi, sehingga dr. Ida Bagus dan kawan kawan membuat trobosan untuk petani di Bali dalam hal ini pembuatan pupuk alami berbasis organik dimana bahan bahannya dari kotoran sapi, tanduk sapi, yang di permentasi selama 4-6 bln di kubur di dalam tanah yang dimasukan di dalam tanduk sapi sebagai medianya sehingga menjadi pupuk yang siap pakai serta tidak terkontaminasi oleh zat kimia yang berbahaya. 

Dimana pada hari Minggu tanggal 02/09/2023 diadakan pelatihan pengolahan pupuk organik di Tabanan Orange Farm di Bugbugan Sari Sengganan, Penebel, Tabanan Bali yang merupakan perkebunan jeruk dengan sistem tumpang sari.

Yang dihadiri oleh para penggiat, petani, akademisi serta warga setempat yang mana di sambut dengan antusias.

Dr. Ida Bagus menyampaikan bahwa pupuk organik ini sangat membantu untuk meringankan petani dengan memperkecil pembiayaan dan meningkatkan produktivitas hasil panen  dengan baik. Meningkatkan sumber daya manusia dan menambah pengetahuan petani sehingga menjadikan Bali sebagai barometer dunia.(***)

Load disqus comments

0 comments