Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Bima Gelar Diklat Kewirausahaan


Pemkab Bima, Media Dinamika Global.id.~ Untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan wawasan para pelaku wirausaha Senin (18/9) Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima  menghelat Diklat Kewirausahaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditandai dengan  penyematan secara simbolis tanda peserta kepada 2 orang perwakilan UKM di Aula Pertemuan Hotel La Ila. 

Bupati Bima yang  diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima, Ir. Syaifudin dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bima sangat fokus dan konsisten dan akan menumbuh kembangkan usaha mikro kecil menengah secara berkelanjutan ". Tandasnya. 

Terkait pelaksanaan  Diklat,  Syaifudin  memaparkan,  Diklat keterampilan teknis bagi usaha kecil dan menengah sangat penting sebagai wahana bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

"Pasca pelatihan, para peserta diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif. Juga dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan usaha". Ujar mantan Kadis Peternakan dan Keswan ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, Drs Dahlan mengatakan, UKM merupakan salah satu industri kreatif yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional.

Dengan pelatihan ini, diharapkan UMK menjadi terampil dan mandiri, serta mampu membuka peluang usaha, dan menciptakan produk yang dapat bersaing di pasaran. Terang Dahlan.

Senada dengan Kadis, Kepala Bidang Koperasi UKM  Dinas Koperasi dan UKM, M.Tohir, SE dalam laporannya mengatakan, Diklat yang diikuti 35 calon wirausaha baru, wirausaha pemula, dan pelaku UMK tersebut ditujukan bagi peningkatan pemahaman kewirausahaan dan SDM bagi pelaku UMK di Kabupaten Bima, serta peningkatan kualitas produk dan pemasaran". 

Sejumlah akademisi, praktisi dan pelaku UMKM yang memiliki sertifikat Kompetensi akan menjadi narasumber Diklat. Ujarnya.

Bima, 18 September  2023

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda (Suryadin S.S, M.Si/sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments