Lima Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMK Negeri 1 Monta Wujudkan SDM Yang Handal dan Profesional


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Dalam periode lima tahun kepemimpinan  Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd periode 2018-2023, sejumlah torehan prestasi berhasil diraih. Yang diantaranya melalui Dinas Dikbud Propinsi NTB dengan program unggulannya yaitu 11 Gemilang karya yang disinergikan dengan visi NTB Gemilang telah memenuhi indikator dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK yang ada di Wilayah NTB. Sabtu, (16/09/23).

Adapun 11 Program Gimilang Karya yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK Negeri 1 Monta yaitu :

Refocusing, Refocusing konsentrasi keahlian dengan menetapkan 2 (dua) core atau bidang keahlian yaitu kemaritiman dan seni industri kreatif dengan 5 (lima) konsentrasi keahlian yaitu nautika kapal penangkapan ikan (NKPI), nautika kapal niaga (NKN), Agribisnis perikanan payau dan laut (APPAL), desain komunikasi visual (DKV) dan Tata Busana (TB).

Teaching Factory (TEFA), Program Pembelajaran teaching factory yaitu model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Implementasi teaching factory di SMK dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri, dan kompetensi yang dihasilkan oleh SMK. Pelaksanaan teaching factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan di SMK.

Project based learning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai peserta didik.

Model pembelajaran ini diintegrasikan dengan beberapa mapel produktif dan PKK yang ditujukan untuk menghasilakn sebuah produk, baik itu dalam bentuk barang maupun jasa.

Link and Match, Program Link and Match yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Monta bertujuan untuk menyinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja handal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Bursa Kerja Khusus, Program Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMK Negeri 1  Monta berguna untuk melayani dan memberikan informasi lowongan pekerjaan, pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

BKK merupakan mitra dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagai wadah yang mempertemukan alumni dengan pencari tenaga kerja, memberikan layanan kepada alumni sesuai dengan tupoksi masing-masing seksi dalam BKK, sebagai wadah pelatihan alumni yang sesuai dengan permintaan pencari tenaga kerja dan sebagai wadah yang menanamkan jiwa kewirausahaan bagi alumni melalui kegiatan pelatihan.

Sabtu Budaya/ P5 dan Wisata Belajar (Kunjungan Industri), SMK Negeri 1 Monta melaksanakan kegiatan Sabtu Budaya yang dirangkaikan dengan pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang  berisi praktek-praktek baik tentang, gotong royong, permainan rakyat, olahraga traditional dan penguatan pengembangan organisasi sekolah.

Melalui Sabtu Budaya dapat menguatkan karakter bangsa, seperti budaya gotong royong yang sesuai dan sejalan dalam mendukung program NTB Zero Waste.

Selain itu juga, banyak program-program unggulan lainnya yang telah sukses dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Monta seperti,

Bidang Keahlian, Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, teknologi manufaktur melibatkan penggunaan mesin, alat, dan peralatan khusus untuk memproduksi barang dalam jumlah besar seperti pada program keahlian di bidang otomotif.

Agribisnis dan Agroteknologi, Agroteknologi dapat bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan Industri makanan sebagai tenaga ahli. Sedangkan agribisnis berfokus pada proses produksi dan pemasaran.

Program Pariwisata, program pariwisata pada SMK Negeri 1 Monta mencakup program keahlian seperti 

Perhotelan, Usaha Perjalana Wisata, dan Kuliner. Sehingga dalam hal ini, para lulusan jurusan Pariwisata diharapkan mampu memberikan pelayanan hospitalitas yang berkualitas

Seni dan Ekonomi Kreatif, program ini terdapat berbagai keahlian didalamnya seperti, Seni Rupa, Seni Lukis, Desain dan Produk Kreatif Kriya, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Seni Musik. Seni Musik Klasik, Seni Tari. Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Teater dan Seni Broadcasting dan Film.

Selain itu juga termasuk Desain Komunikasi Visual (DKV), lulusan (DKV) dapat membuat konten yang kreatif dan menarik seperti, Social Media Specialist, Desainer Produk, Animator, Ilustrator, Desainer Interior, Web Design hingga Desainer Percetakan 3D.

Dan baru-baru ini, siswa SMK Negeri 1 Monta telah sukses memperagakan hasil Karya Tata Busananya, karena pada umumnya, siswa SMK Negeri 1 Monta di jurusan pendidikan Tata Busana akan belajar tentang teknik mendesain, membuat pola, menjahit, hingga seluk beluk produksi busana atau fashion. Selain itu, juga diajari tentang analisis trend, marketing, dan manajemen bisnisnya.

Kepala SMK Negeri 1 Monta Muhammad Olan Wardiansyah, S.Pel.MPd menyatakan, perhatian dan komitmen Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam meningkatkan kualitas SDM melalui dunia pendidkan pada Sekolah Kejuruan, itu sangat sangat luar biasa, ujarnya.

“Alhamdulillah, dalam perhatian yang luar biasa itu, sehingga seluruh SMK Se-Wilayah NTB lebih khusus SMK Negeri 1 Monta dapat mencetak calon tenaga kerja yang handal dan professional serta siap tampil di dunia kerja dan wirausaha,

Yang paling penting semoga kedepannya mereka memiliki kemampuan analitik dan rekayasa yang kreatif, inovatif, dan mandiri, memiliki integritas kepribadian dan keilmuan yang tinggi serta memiliki motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, kata Olan. (Ombus MDG)

Load disqus comments

0 comments