Panitia Pilkades Sekabupaten Dompu akan melakukan Mogok Atau Penundaan


Kabupaten Dompu. Media Dinamika Global-id. Panitia Desa Pemilihan Kepala Desa beberapa Desa yaitu, Serakapi, Sorisakolo, Bakajaya, Nowa, Kramabura melakukan pertemuan di sekretariat Panitia Pilkades Kabupaten Dompu tepatnya di Kantor DPMPDes Kabupaten Dompu. Senin, (18/09/23).

Panitia Pilkades Desa Nowa salah satunya Ajunnarfid, SE mengungkapkan, bahwa pemilihan Kepala Desa sampai detik ini garis Koordinasi bersama Panitia Kabupaten tidak ada informasi, baik terkait penganggaran atau biaya Pemilihan Kepala Desa, Panitia Kabupaten hanya sekedar menyampaikan tahapan awal sampai akhir serta mengintruksikan untuk bekerja, sedangkan dalam pelaksanaan sampai dalam tahapan penetapan dari Bakal Calon Menjadi Calon, anggaran atau biaya pilkades belum terealisasikan. Ujarnya.

Menanggapi hal demikian Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu Burhan, SH, menjelaskan, bahwa pelaksanaan akan tetap dilaksanakan sesuai dengan Perbup Nomor 21 Tahun 2023 tentang Pedoman pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak, juga Perpres Nomor 33 Tahun 2020 tentang standar harga Satuan Ragional, kami laksanakan sesuai dengan Prosedur, terkait Anggaran masih dalam tahapan proses karena memang anggaran Pilkades menggunakan APBDP maka perlu dibahas melalui rapat Paripurna perubahan anggaran tersebut, bebernya.

Disisi lain Ketua Panitia Pilkades Desa Bakajaya M. Saleh juga memberikan ultimatum, apabila hari ini tidak ada kejelasan terkait dengan Anggaran Panitia Pilkades, maka kami dengan beberapa Desa yang hadir akan melakukan mogok, serta penundaan sampai dengan pencairan anggaran pilkades tersebut.


Senada juga yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Desa Sorisakolo saudara Rosihan Gibran Silalahi, SH, Ketua Panitia Serakapi saudara Harmoko, SH, Ketua Panitia Kramabura Omaliadin, S.Pd

Dalam kesempatan itu dihadiri oleh Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM.MM.Kes, beliau menambahkan bahwa terkait dengan penanggulangan anggaran untuk tahapan berikutnya termaksud pengambilan atau pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa, akan segera kami rapatkan usai pertemuan ini tutupnya.

Usai pertemuan tersebut seluruh Panitia Desa Pilkades serentak melakukan foto bersama didepan sekretariat panitia kabupaten. (MDG 001).

Load disqus comments

0 comments