Pj Bupati Tulang Bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM Pastikan Pertanian Padi Sawah Dalam kondisi baik, Mampu Menopang Ketahanan Pangan Di Kabupaten Udang Manis


Tulang Bawang-Lampung. Media Dinamika Global. Id.-Anomali Cuaca yang diakibatkan El Nino masih akan terus terjadi di Indonesia hingga di Penghujung September 2023. Dampak dari El Nino ini mengakibatkan minimnya ketersediaan air atau kekeringan hingga dikhawatirkan akan berdampak terhadap ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang telah melakukan berbagai upaya Preventif dalam upaya Penanggulangan dan meminimalisir dampak Badai El Nino.

Hal ini dilakukan Penjabat Bupati Tulang Bawang  Drs Qudrotul Ikhwan MM agar ketersediaan serta Ketahanan Pangan di Kabupaten Udang Manis ini tetap terjaga dengan sangat baik.

“Potensi Padi Sawah di Kecamatan Rawa Pitu dengan Luas Tanam Padi Sawah 9.471 Ha dan Umur Tanaman padi  sawah MT Gadu rata-rata 80 HST memiliki  Potensi Produksi Gabah Kering Panen ( GKP ) hingga mencapai  48.463 Ton” Jelas, Qudrotul Ikhwan di konfirmasi saat melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Rawa Pitu beberapa waktu lalu.

“Dan Target Panen raya nanti berkisar pada akhir September 2023.Tentu ini sangat baik bagi Kabupaten Tulang Bawang karna dapat dipastikan Ketahanan Pangan Kita terjaga dengan sangat baik dan Tidak ada Gagal Panen (Fuso) “ Qudrotul Ikhwan Menjelaskan.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang sekaligus Ketua DPD Perhiptani  Tulang Bawang, Ir Nurmansyah Rani,mengatakan bahwa sejauh ini Situasi Pertanian Kabupaten Tulang Bawang terutama Padi Sawah dalam kondisi Baik-baik saja dan terpantau tidak ada kendala di Lapangan. Beberapa Upaya Preventif telah dilaksanakan oleh Pemkab Tulang Bawang melalui Dinas Pertanian untuk menghadapi Kendala di musim badai el Nino yang disinyalir masih berlangsung hingga Penghujung September 2023.

“Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang telah berupaya secara optimal dalam rangka Meminimalisir dampak el Nino terutama pada teknis pertanian padi sawah.

Beberapa hal yang kami lakukan antara lain  Percepatan Tanam, Pompanisasi dengan  menggunakan Pompa Axial, Normalisasi saluran Irigasi rawa dan tetap Konsisten Menggunakan Varietas Unggulan ” Jelas Ir Nurmansyah 

“Alhamdulillah situasi Pertanian terutama Padi sawah hingga saat ini masih dalam kondisi baik dan ketersediaan air irigasi juga masih cukup baik. Hal ini patut kita syukuri dan semoga pertanian padi sawah Tulang Bawang masih terus konsisten menopang Ketahanan Pangan di Kabupaten Udang manis ini” Ir Nurmansyah melanjutkan.

Winanto salah satu Petani di Rawa pitu Juga mengatakan bahwa Kondisi pertanian terutama padi sawah di daerahnya masih aman, Kendati Curah Hujan menurun namun ketersediaan air masih melimpah.

“Memang akhir-akhir ini tidak pernah turun hujan, tapi Alhamdulillah air kita masih cukup banyak Mudah-mudahan hasil Panen kita nanti sangat baik ”Ujar Winanto.

Pj. Bupati Tulang Bawang  Drs Qudrotul Ikhwan MM juga terus mengedukasi para petani untuk dapat meningkatkan pengembangan tekhnologi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari mulai Pengolahan lahan, Penanaman, Perawatan Hingga Proses Pemanenan serta distribusi hasil Pertanian

“Salah satu Masyarakat Tulang Bawang yakni Bapak Nurhadi telah mampu melakukan inovasi  dengan membuat mesin Penggilingan Padi, Industri Lokal Tulang Bawang tersebut berhasil menarik Perhatian Dunia Pertanian Nasional, Beliau menjadi juara dan sekarang banyak Peminat dan tercatat telah banyak pesanan mesin Penggilingan Padi tersebut.

Tentu petani Tulang Bawang dapat memanfaatkan  dan menggunakan Tekhnologi ini dan pasti akan membawa keuntungan yang lebih baik juga untuk para petani” Sebut bapak Pj. Tulang Bawang


“Silahkan Berkomunikasi dengan Penyuluh pertanian ataupun Dinas Pertanian jika memang terdapat kendala-kendala di Lapangan. Pemkab Tulang Bawang siap Memfasilitasi demi mewujudkan Swasembada Pangan di Kabupaten Kita yang tercinta Ini. Mari terus melakukan upaya terbaik demi mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang sebagai Kabupaten Udang Manis (Unggul Damai Aman Nyaman Guyup Mandiri Agamis Natural Inovatif dan Sejahtera) ”Tutup Qudrotul Ikhwan.

(Fs/Red)

Load disqus comments

0 comments