Walikota Bima Yakin Pariwisata Lokal dan Budaya Bima Punya Potensi Besar


Kota Bima, Media Dinamika Global.id.~ Setelah sukses menggelar Welcome Party International Yacth Rally Sail To Indonesia Exploring Bima Bay dan Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo beberapa hari yang lalu, Kota Bima semakin meriah dengan diselenggarakannya Festival Makan Ikan Gratis dan Lomba Perahu Hias di Pantai Lawata Kota Bima, Minggu 24 September 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bima ini menarik ribuan pengunjung dari dalam dan luar kota untuk menikmati keindahan budaya maritim yang kaya dan hidangan laut yang lezat.

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE didampingi oleh Sekda, Seluruh Staf Alhi, Seluruh Asisten, Kadis Pariswisata, Kadis Perikanan, Seluruh Kabag Camat dan Lurah Se-Kota Bima, serta Seluruh Kepala Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, H. Lutfi sangat mengapresiasi peran Dinas Pariwisata dalam mengorganisir festival ini dan menjadikannya salah satu event terbesar dalam Kalender Pariwisata Kota Bima.

“Terimakasih kepada Dinas Pariwisata yang selalu memperkenalkan budaya dan keunikan Kota ini, hingga menjadi salah satu daerah Pariwisata yang di minati oleh Wisatawan luar. Karena kota ini mempunyai kelebihan yang luar biasa, kita harus bangga akan itu,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya pariwisata lokal dan budaya sebagai potensi besar dalam mengembangkan sektor ekonomi kota Bima.

"Kota Bima memiliki kekayaan budaya maritim yang unik dan mempesona. Festival ini adalah cara kita untuk memamerkan keindahan warisan ini kepada dunia dan menjadikannya sebagai magnet pariwisata yang kuat," ungkapnya.

Beliau juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Bima yang telah berperan aktif dalam mendukung festival ini, baik sebagai peserta lomba perahu hias maupun dalam menyiapkan hidangan ikan lezat untuk Festival Makan Ikan Gratis.

“Kerja sama dan semangat gotong royong kita adalah kunci keberhasilan festival ini. Semoga kita terus bersatu dalam melestarikan budaya dan lingkungan laut kita," tambah beliau.

Festival Makan Ikan Gratis menjadi sorotan utama acara ini, dimana masyarakat dapat menikmati hidangan laut segar secara cuma-cuma, yang tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan dan warga setempat dan Lomba Perahu Hias yang menampilkan perahu-perahu tradisional yang dihias indah juga menjadi atraksi menarik.

Mengakhiri sambutannya H. Lutfi mengimbau kepada Dinas Pariwisata dan Dinas Perikananan supaya event memperkenalkan budaya dan kearifan lokal seperti ini terus dikembangkan karena sangat perlu di adakan tiap tahunnya.

“Pengaruh kedatangan wisatawan luar itu sangat besar untuk kota kita. Maka kita perlu menunjukkan peradaban dan ke unikan Kota Kita. Nilai dan budaya yang kita punya itu sangat bermakna dan itulah yang membuat Kota Bima kita dikenal luas."

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Perikanan dan Dinas Pariwisata yang telah menghidupkan sektor Kuliner dan sektor UMKM. Mudah mudahan Kalender event ini tetap terjaga, apalagi perencanaan kita ke depan akan diperluas wilayah ini,” tutupnya.

Festival Makan Ikan Gratis dan Lomba Perahu Hias tahun ini menjadi momentum yang luar biasa untuk mempromosikan potensi pariwisata bima, memperkuat identitas budaya maritim dan mengajak semua pihak untuk ikut menjaga ekosistem laut yang berharga bagi Kota Bima ini.(sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments