Musdes Perencanaan Pembangunan Desa Tahunan Desa Ragi Tahun Anggaran 2024


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id.-Ragi,3-10-2023 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ragi Kecamatan Palibelo, adakan rapat tahunan musyawarah desa (musdes) dalam rencana kerja pembangunan desa (RKPDes) Tahun 2024. 

Musyawarah desa diadakan di aula kantor pemerintah desa ragi dihadiri oleh sejumlah pihak pemerintah kecamatan ,yaitu camat palibelo, pendamping desa ragi ,kepala desa,BPD, Lpmdes Babinkamtibmas Babinsa ,ketua RW & RT beserta organisasi-organisasi kepemudaan dan masyarakat desa ragi.

Kumara jaya  selaku camat palibelo dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa ragi merupakan desa ke-empat melaksanakan kegiatan musdes untuk tahun 2024 yang merupakan rapat penyusunan Rkpdes ragi yang relevan dengan visi dan misi kepala desa dan aspirasi masyarakat desa ragi.

Penyusunan RKPDesa ragi adalah penjabaran berdasarkan (RPJM) sebagaimana ketentuan pasal pasal 5 ayat (3) ,Permdagri nomor 114 tentang pedoman pembangunan desa . ujarnya 

Lanjut, ia membuka rapat Musdes dengan menyarankan agar BPD dan pemerintah desa membentuk tim penyusun yang mampu melahirkan RKPDes berkualitas sampai penetapan/ finalisasi rencana kerja pembangunan tahun anggaran desa 2024.

Sementara Ibrahim Abubakar S.pd selaku kepala desa memberikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023, bahwa pembangunan fisik terjadi kekurangan oleh keterbatasan anggaran untuk kegiatan pembangunan fisik di desa ragi.

Namun terkait untuk pembangunan fisik mampu diimbangi sesuai kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan tingkat pemberdayaan masyarakat desa mampu memberikan nampak positif yang telah dikerjakan oleh pemerintah desa ragi.ucapnya

Lanjut,ia menyampaikan sejumlah visi & misi yang terhitung 6/7visi dan misi salah satunya adalah penerangan jalan / lampu jalan yang belum terealisasi olehnya dan sangat mengharapkan agar dilaksanakan  pada APBDesa tahun anggaran 2024.

Ketua BPD desa ragi, Marjuki dalam sambutan nya  memberikan hasil evaluasi dan kritik terkait pelaksanaan penggunaan anggaran tahun 2023. Oleh pemerintah desa ragi dengan mengatakan realisasi anggaran pelaksanaan anggaran APBD sudah 70%  realisasinya tinggal menunggu tahapan ke-tiga untuk dikerjakan oleh pemerintahan desa ragi.


Lanjut ia menyampaikan pokok-pokok pikiran BPD dalam penyusunan RKPDes tahun 2024, dengan berbagai rekomendasi sebagai berikut:

1.penyusunan RKPDes tahun 2024 haru mengacu pada:

a. Dokumen RPJMDes

b.RKPDes tahun sebelumnya

c.memperhatikan aspirasi-aspirasi tahun sebelumnya dan aspirasi-aspirasi musdes tahun ini.

2.perencanaan pembangunan desa harus melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapannya.

3. Penyampaian realisasi/program kerja baik yang bersumber dari dana desa maupun program diluar dana desa setiap tahun pada masyarakat sebagai tolak ukur kinerja kepemerintahan.

4. Peningkatan kualitas ketertiban masyarakat desa berdasarkan pada kebutuhan desa

5. Pemberdayaan pada anak-anak yang prestasi serta memperhatikan aspek pendidikan agar pemerintah desa ikut andil diberbagai bidang terutama pendidikan.

6. Memperhatikan perilaku hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya 

7. Memperhatikan kebutuhan/fasilitas penunjang bagi aparatur desa dan lembaga-lembaga terkait pemerintah desa

8. Meningkatkan budaya goto royo / kerja bakti masyarakat sehingga tidak terpaku pada anggaran desa

9. Memperihatinkan dan meningkatkan insentif tim penyusun RKPDes agar bisa bekerja secara efektif dan maksimal sehingga melahirkan Rkpdes berkualitas.


Acara dilanjutkan dengan pembahasan tentang usul & saran berserta aspirasi dari berbagai pihak yang diundang pada kegiatan rapat tahun musyawarah desa pada rencana kerja pembangunan desa ragi  untuk anggaran tahun 2024 .(***)

Load disqus comments

0 comments