Pengawasan Hutan Mati, Gubernur Juga DLHK NTB Diduga Biang Kerusakan, Para Tokoh Masyarakat di Dompu Akan Surati Presiden & Mentri KLHK


Dompu NTB, Media Dinamika Global.Id._ Kasus perambahan hutan dan alih fungsi pengawasan hutan lindung yang terjadi di kabupaten Dompu NTB menyebabkan terjadinya kehancuran yang sangat luar biasa. 

Kehancuran itu terjadi karena matinya penegakan hukum yang diterapkan oleh para pihak pemerintah terkait dalam upaya pencegahan aktivitas kejahatan illegal loging kini tak henti-henti dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab saat ini.


"Illegal Loging ini adalah sebuah kejahatan yang sangat besar, maka dari itu, kita selaku masyarakat Dompu penting dan harus untuk mengambil langkah untuk menyelamatkan hutan kita dari praktek kejahatan berantai yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab saat ini,"Ujar ...

Salah satu tokoh Masyarakat kabupaten Dompu saat di temui di kediamannya Minggu malam (01/010/23).


Kejahatan Illegal loging yang terjadi harus sama_sama kita lawan, dan hal itu juga penting dilakukan guna menyelamatkan daerah kita dari bala bencana yang terjadi nantinya dirasakan oleh anak cucu kita.


"Untuk itu, mari kita sama-sama Menyerukan keresahan kita dengan cara mengirim surat terbuka kepada pihak bapak presiden, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pusat, DLHK provinsi NTB bersama Tim Penegakan Hukum (Gakkum) agar dapat segera turun langsung di Kabupaten Dompu melihat kondisi wilayah kawasan hutan lindung dan tutupan kita saat ini,"tegasnya.


Lanjut dirinya menegaskan, Hal itu perlu dan sangat penting disampaikan, pasca masih ditemukannya Praktek Haram Kejahatan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kawasan yang ada, hingga kini masih tumbuh dengan subur tampa adanya tindakan atau upaya hukum yang diterapkan. Maka dari itu semua yang terjadi harus di sampaikan melalui surat terbuka.


"Secara tegas saya bersama tokoh masyarakat lainya mewakili masyarakat kabupaten Dompu, dalam surat nantinya, akan meminta presiden dan pihak kementerian KLKHK, agar semua oknum yang ada di dinas DLHK, BKPH dan oknum lainya dapat di tindak tegas bila perlu di pecat para oknum yang diduga sengaja memberi ruang bagi oknum pengusaha dan juga masyarakat yang menyebabkan hutan di daerah Dompu hancur parah,"ungkapnya.


Di samping itu, pihaknya bersama masyarakat lainya juga akan segera mempersiapkan Laporan Resmi terhadap Kondisi tersebut. 


"Saya bersama beberapa masyarakat yang ada di Dompu sudah mulai jalan guna melihat mengecek wilayah kawasan hutan yang di nilai zona merah, marak terjadinya aktifitas kejahat illegal loging saat ini, itu juga akan menjadi laporan kami kepada pihak pemerintah terkait nantinya,"cetusnya.


Karena sudah terlalu lama Hutan di Dompu di garap hingga hancur oleh oknum tersebut, kondisi itu terjadi hampir di seluruh Wilayah Provinsi NTB yang ada, kawasan hutan sekitar seolah_olah tak bertuan. 


"Itu terjadi akibat oknum Aparat Penegak Hukum yang ada diduga cenderung menjadi Pemain dan juga terlibat langsung, sehingga oknum_oknum tersebut pandai memainkan peranan sandiwaranya, Wahai kalian para Pelaku Perusak segeralah bertobat!," Doa dirinya.(Red).

Load disqus comments

0 comments