Peringatan Hari Ulos Dimeriahkan Dengan Suka Cita Bersama WNA


Bali, Media Dinamika Global. Id.- Warga BATAK di Bali tidak ketinggalan untuk memeriahkan HARI ULOS pada tanggl 17 Oktober 2023 yang dilaksanakan oleh Pemuda Batak Bersatu DPC Denpasar Bali dengan di dukung oleh Saroha Batak Muslim Bali, Harungguan Sinaga Boru Pakon Panagolan (HSBP) Bali, Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Bali dan  Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) di Bali di laksanakan di Fourteenrose Hotel Legian. Ulos merupakan kebanggan masyarakat batak yang telah dimiliki sejak dulu. 

Dalam setiap kegiatan seperti upacara pernikahan, kelahiran, dukacita dan lain-lain, ulos selalu menjadi bagian adat orang BATAK kata Bapak Dr.Firman Sinaga, SST.Par. M.Si.Par sebagai Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Denpasar Bali. Dengan bangga warga batak memperkenalkan kain ulos kepada para pengunjung yang ada di hotel, dan bahkan tamu-tamu yang datang sangat bahagia dengan adanya kegiatan ini bahkan banyak juga yang membeli ulos di tempat. 

Kegiatan ini benar-benar mengenang kampung sendiri (seperti balik kampung) bertemu dengan sahabat-sahabat lama, ketemu orang baru yang ada di Bali, musik-musik yang di suguhkan benar-benar mengundang menari khusus nya MANORTOR (Tari Batak). Alunan musik tidak terasa sudah 3 jam berlalu dan semua para tamu yang ikut acara HARI ULOS kelelahan dengan goyang trusss TARI BATAK tanpa Lelah namun karena waktu yang memisahkan maka suka cita ini tidak dapat terlupa karena pertama kali Hari Ulos dilakukan di Pulau Bali, tujuan acara ini dalah untuk melestarikan budaya, lebih mencintai budaya, ulos lebih dikenal warga Bali dan wisatwan asing, wisatawan nusantara, kata Bapak Dr.Firman Sinaga sebagai inisiator kegiatan Hari Ulos.

 Berharap juga kepada Bapak Gubernur Sumatra Utara agar ACARA HARI ULOS di agendakan secara bersamaan dilakukan seluruh dunia. Kolaborasi dengan asosiasi, komunitas seluruh propinsi dan seluruh DUBES Indonesia yang ada di Luar Negeri serta asosiasi yang ada di luar negeri juga.

Disampaikan juga oleh bapak Darwin  Hutabarat selaku Ketua Saroha Muslim Batak Bali bahwa acara ini sangat baik sekali untuk melestarikan dan mengingatkan kepada anak muda tentang ULOS, harapan kedepannya agar kegiatan ini dilaksanakan kembali dengan lebih besar lagi.(***)

Load disqus comments

0 comments