Siap Sukseskan Jum'at Belondong! Disperin NTB Gencarkan IKM Tenun Binaan Tingkatkan Produksi


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id._ Sabtu, 21 Oktober-Minggu, 22 Oktober PJ Gubernur NTB, Drs.H.Lalu Gita Ariadi ,MSi bersama OPD termasuk Dinas Perindustrian Provinsi NTB melaksanakan kunjungan kerja dan agenda Silaturahmi ke daereah Bima dan Dompu. Adapun kunjungan tersebut bermaksud meninjau beberapa lokasi tertentu dengan mensinergikan program yang diemban oleh masing-masing OPD. Untuk yang berkaitan dengan Dinas Perindustrian meliputi  lokasi Sentral IKM Tenun Nur Sakura bertempat di Kelurahan Raba Dompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima di hari pertama dan dilanjutkan di hari kedua dengan mengunjungi Sentra Tenun Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima dan  Sentra Tenun Flamboyan terletak di Desa Ranggo yang terkenal dengan tenun motif Muna Pa’anya. 

Dalam kunjungannya, PJ Gubernur yang akrab dipanggil Miq Gita ini konsisten untuk mensosialisasikan program Jumat Salam dan Jumat Belondong. Program Pertama, JUMAT SALAM. JUMAT (Jumpai Masyarakat) dan SALAM ( Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat). Merupakan ikhtiar pemerintah dalam memajukan ekonomi dengan mendatangkan mitra untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat. Program Kedua, JUMAT BELONDONG merupakan sebuah agenda setiap Jum'at menggunakan kain yang nantinya bersumber dari para penenun yang ada di NTB.

Miq Gita menyampaikan bahwa suksesnya Program Jumat Belondong akan sangat dipengaruhi oleh kontribusi dari ketiga Sentra Tenun yang dikunjungi. IKM Nur Sakura harus mampu untuk menjaga kualitas dan meningkatkan pengemasan produk agar bisa dijadikan cendramata khas Bima. Untuk Sentra Tenun Desa Renda Miq Gita melihat bahwa  Masyarakat Kabupaten Bima yang terletak di ujung timur Provinsi Nusa tenggara Barat ternyata memiliki hasil kerajinan berupa kain tenun berbagai corak contohnya kain tenun renda  yang menjadikan daerah ini semakin tersohor. Di Kabupaten Dompu Miq Gita melihat langsung Sentra Tenun Flamboyan terletak di Desa Ranggo yang terkenal dengan tenun motif Muna Pa’anya.Tenun Muna Pa’a sebagai produk lokal daerah Kabupaten Dompu Provinsi NTB yang juga merupakan hasil budaya turun temurun warisan para leluhur daerah terus dikenalkan dan dikembangkan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti berkomitmen untuk mendorong para IKM Tenun untuk meningkatkan produksinya terlebih dalam menyambut Program Jumat Belondong yang secara perdana akan dilaksanakan 27 Oktober mendatang. Komitmen tersebut dergambarkan dengan arahan yang diberikan kepada bidang terkait untuk mulai berkoordinasi dan memberikan perhatian khusus untuk IKM Tenun Binaan dalam memproduksi tenun menjadi sarung. 

“ Kita akan coba menggunakan strategi baru untuk mendorong peningkatan produksi tenun dari para IKM dengan membuat jadwal dan target khusus. Selama ini kegiatan menenun kebanyakan dilakukan secara sambilan sehingga kurang fokus dan tingkat produksi masih rendah. Sehingga kedepannya strategi dan pembinaan ini akan terus ditingkatkan salah satunya upaya untuk mengahadirkan supplier benang lokal untuk mengahasilkan tenun terbaik. “Ungkap Nuryanti”.

Dalam waktu terdekat, untuk menyambut Jumat Belondong para IKM Tenun binaan mulai dihimbau untuk menghasilkan sarung terbaik yang nantinya dapat di pasarkan melalui Galery Industri, NTB Mall ataupun Bazar IKM yang nantinya akan hadir dirangkaian acara Kenari Street Fashion, Sabtu 28 Oktober mendatang.

(Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments