Buyer Dari Luar NTB Akui Event Tabex 2023 Poltekpar Layak Go Internasional


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id._ Sebanyak 30 Pelaku Industri Pariwisata (Buyer) se-Indonesia dan 23 pelaku usaha pariwisata lokal NTB mengikuti Event Lombok Table Top and Travel Exhibition (Tabex) 2023 yang dilaksanakan oleh Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok di Desa Wisata Bilebante, Kamis (2/11/2023). 


Lombok Tabex 2023 ini memfasilitasi pertemuan para Buyer dengan Seller lokal untuk melakukan promosi dan transaksi paket perjalanan pariwisata di NTB. Para Buyer ini yang nantinya akan menjual nya kembali ke luar NTB. 


Selama tiga hari, Buyer mengikuti perjalanan tour ke beberapa spot wisata keren yang tidak pernah mereka datangi sebelumnya seperti Pasar Pancingan Desa Bilebante dan Air terjun Benang Kelambu yang memiliki ciri khas yang mempesona. 


Sejumlah Buyer pun mengakui, bahwa Tabex 2023 ini sangat berkesan, baik dari konsep, susunan acara, pelayanan yang nyaman, spot wisata yang ditawarkan, makanan enak hingga lokasi tour wisata yang mengagumkan. 


Salah satu Buyer dari Agen travel Mashalat Batu Malang, Windi, mengatakan, konsep Tabex 2023 ini lengkap dan setara dengan event promosi internasional. 


Walaupun sudah beberapa kali ikut event promosi pariwisata di Lombok, ia mengaku Tabex 2023 adalah yang paling lengkap dan ia memberikan apresiasi kepada para mahasiswa Poltekpar Lombok. 


"Ini sangat luarbiasa, para mahasiswa Poltekpar Lombok ini sudah berani membuat event sebesar dan sekeren ini dengan melibatkan Buyer dari luar NTB bahkan mancanegara," ujarnya. 


Ia mengatakan, bahwa untuk mengkoordinir Buyer dan Seller dalam satu event promosi pariwisata seperti ini sangat sulit. Namun mahasiswa Poltekpar Lombok Membuktikan bahwa mereka sudah mampu melakukannya.


Dari beberapa info pariwisata yang didapat dari seller, ia sangat penasaran dengan wisata Hiu Paus dan beberapa air terjun yang ada di Lombok. 


"Kita akan coba eksplor pariwisata Lombok ini dan akan kita promosikan," ujarnya. 


Hal yang sama diutarakan oleh Roro seorang Agen travel dari Honos Event Solo. Ia mengatakan bahwa potensi desa wisata di lombok ternyata sangat banyak dan perlu dieksplor secara masif.


"Nanti kita para tour travel akan promokan, banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, ternyata di Lombok banyak banget desa wisata yang belum kita datangi," katanya.  


Ia juga mengapresiasi Tabex 2023 yang menghadirkan para seller dari tour and travel, bukan saja seller dari agen hotel. 


"Kita banyak dapat informasi tentang wisata dari seller di event Tabex ini, dari penginapan one day sampai 4 day 3 night," ujarnya.


Perwakilan pelaku industri pariwisata atau agen travel Nahwa Tour asal Malang, Vannesa mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Poltekpar yang telah mengundangnya mengikuti acara Tabex 2023. 


Ia mengaku bahwa event ini cukup bagus karena bisa mempertemukan nya dengan berbagai seller di NTB. Karena banyak spot wisata yang bisa dieksplor dan dijual. 


"Saya sukanya pantai, dan tadi ada juga wisata paralayang yang berbeda dengan spot wisata lainnya. Gili juga bagus-bagus," katanya. 


Vanessa mengaku, bahwa ini pertama kali mengikuti event Tabex dan sengaja datang bersama rombongan untuk melihat keindahan Lombok sambil liburan. 


"Kami akan membangun komunikasi dan mencoba membuat kerjasama dengan seller-seller ini," ujarnya.


Tabex 2023 diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya TABLE TOP adalah forum bisnis yang dirancang untuk mempertemukan antara pelaku industri pariwisata daerah pelaksana (Seller) dengan pelaku Industri pariwisata tujuan (Buyer), yang dilaksanakan di Desa Wisata Bilebante. 


Kemudian Exhibition adalah Exhibition atau pameran ialah kegiatan pemasaran produk dengan memamerkan dan mempromosikan hasil karya/jasa yang akan dijual oleh Exhibitor.


INCENTIVE TOUR

Merupakan kegiatan dimana seluruh peserta akan diajak berwisata menuju

beberapa DTW yang ada di Lombok. Program ini diharapkan juga dapat mengenalkan secara potensi wisata yang ada di Pulau Lombok.


REELS COMPETITION

Merupakan Side Event berupa lomba dari kegiatan Lombok TABEX 2023. Para peserta lomba akan membuat video dengan durasi singkat mengenai sosial dan budaya di destinasi wisata yang ada di Lombok.


(Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments