Disperin NTB Komit Mengawal Perkembangan IKM Permesinan Hingga Kuliner di Babakan Mataram


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id._ Menyelesaikan masalah masyarakat adalah suatu tantangan kompleks yang melibatkan berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Tidak ada solusi instan atau satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk semua masalah masyarakat, karena setiap masyarakat memiliki karakteristik dan konteksnya sendiri. Hadirnya Jumat Salam sebagai bentuk jembatan meminimalisir hal tersebut.

Jum'at Salam kali ini berlokasi di Kelurahan Babakan, Sandubaya, Mataram. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, Sekretaris Dinas ESDM Provinsi NTB, Pejabat Eselon III Disperin NTB, Kepala Lurah Kelurahan Babakan, Kepala Lingkungan Se-kelurahan Babakan, tokoh masyarakat, Pelaku usaha dan perwakilan masyarakat setempat.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Lurah Kelurahan Babakan Muhamad Agus, SE yang sekaligus menyampaikan sambutan atas diadakannya kegiatan Jumat salam ini sehingga permasalahan-permasalahan yang ada di kelurahan Babakan bisa tersampaikan dan dapat terselesaikan sesuai dengan harapan dari masyarakat maupun pemerintah. 

“Kondisi yang ada di Kelurahan Babakan dari segi UMKM rata rata pelaku usaha/UMKM sudah memiliki Legalitas seperti NIB, Label Halal dan seterusnya dan permasalahan yang paling utama sejauh ini yaitu angka stunting yang masih tinggi, menurut data terbaru pada kelurahan Babakan terdapat 129 orang. Sehingga harapannya dengan adanya kegiatan ini hal hal tersebut dapat terselesaikan dengan baik” Ujar Agus (17/11).

Dalam kesempatan yang sama, Nuryanti selaku Kepala Dinas Perindustrian Provinsi dalam sambutannya menyampaikan tentang peran Disperin NTB sebagai salah satu OPD yang memiliki tugas dalam pembinaan dan pengembangan pada bidang Industri yang ada di NTB, menerangkan tentang pentingnya legalitas usaha, pengemasan yang baik sehingga produk produk yang ada di kelurahan Babakan ini tidak kalah kualitasnya dengan produk yang ada di Pusat perbelanjaan seperti Mall maupun Supermarket. Mengingat banyaknya komoditi yang ada di kelurahan babakan ini seperti olahan makanan, permesinan dan perbengkelan yang membuat kami di pemerintah semakin semangat untuk mendampingi hingga menuju perubnahan yang signifikan.

“Potensi yang ada di Babakan ini bisa menjadi role model bagi para desa hingga IKM lainnya, sebab dari kuliner hingga permesinan berasal dari Babakan. IKM Donat dan Permesinan menjadi contoh bagi para IKM lainnya. Kami di Disperin sangat terbuka jika ada dari masyarakat yang ingin melakukan konsultasi agar lebih berkembang usahanya, kami punya UPT Balai Kemasan yang siap membimbing dan melatih potensi yang ada” Ungkap Nuryanti (17/11).

Kemudian dilanjutkan pada sesi dialog, masyarakat Kelurahan babakan menyampaikan beberapa permasalahan dan harapannya kepada pemerintah seperti Akses Permodalan, Air bersih,Listrik bagi masyarakat kurang mampu, pengemasan produk UMKM, Standarisasi produk UMKM hingga Pemasaran. Sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan ini yang menghadirkan Instansi Pemerintah bisa ditampung dan diselesaikan oleh Instansi Terkait.

Dari pokok permasalahan yang disampaikan, Nuryanti beserta team berkomitemen untuk berkoordinasi dengan dinas terkait dan mempersiapkan strategi khsusus dalam penyelesaiannya. Sebagai langkah konkret yang dilakukan beliau mendata dan meminta para IKM maupun masyarakat untuk turut melaporkan ke UPT Balai Kemasan bagi yang berkaitan dengan Industry. Pasca kegiatan ini team Disperin akan melakukan kunjungan berkala untuk melihat sejauh mana perkembangan yang sudah dilakukan bersama seperti yang dilakukan pada Jumat Salam pekan sebelum-sebelumnya. Jumat, (17/11/2023).

( Surya Ghempar ).

Load disqus comments

0 comments