Promosi Pariwisata Ke Internasional, Mahasiswa Poltekpar Lombok Gelar Event Tabex


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id._ Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggelar Event Table Top and Travel Exebition (Tabex) tahun 2023 di Desa Wisata Bilebante Lombok Tengah dalam rangka memberikan pengalaman yang luarbiasa bagi para Buyer atau agen travel yang datang dari luar NTB. Kamis, (2/11/2023).

Turut hadir, Staf Ahli Gubernur NTB, Ketua Prodi Usaha Perjalanan Wisata, sejumlah perwakilan Poltekpar Lombok, Ketua Pokdarwis, dan Kades Bilebante.

Event Tabex 2023 yang dilaksanakan oleh Poltekpar Lombok selama 3 hari dari tanggal 1-3 November 2023 tersebut, mendatangkan 30 Buyer dari agen travel se-Indonesia untuk melakukan transaksi dengan 23 seller pariwisata atau agen travel lokal.

Lombok Tabex 2023 adalah event promosi perjalanan pariwisata yang mempertemukan Buyer atau agen travel atau pelaku pariwisata dari luar NTB dengan seller dari NTB.

Dalam pertemuan tersebut Buyer dan Seller akan melakukan transaksi jual beli paket perjalanan destinasi pariwisata NTB. Buyer akan membeli paket perjalanan yang akan dijual kembali di luar NTB.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Usaha Perjalanan Wisata (UPW), H.Lalu Ratmaja saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis mengatakan, Tabex dilaksanakan setiap tahunnya sebagai ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa menjadi Event Organisation (EO) di bidang pariwisata.

"Kita ini di program studi usaha perjalanan wisata, jadi bagaimana mahasiswa ini bisa membuat atau meng creat sesuatu potensi menjadi sebuah usaha, kemudian melatih mental dan kemampuan mereka dalam memformulasikan perjalanan wisata," ujar H. lalu Ratmaja.

Kegiatan ini selain mengimplementasikan ilmu yang telah didapat oleh para mahasiswa, juga dapat melatih mereka untuk mengorganisir sebuah event promosi perjalanan pariwisata bertaraf internasional.

Dengan event Tabex ini, tambah H Lalu Ratmaja, hadir nya buyer dari luar NTB akan berinteraksi dan bertransaksi dengan para seller lokal yang muara nanti akan mendatangkan tingkat kunjungan pariwisata ke NTB.

Tujuan lain dari event Tabex 2023, untuk memperkenalkan kampus Poltekpar Lombok sebagai salah satu pusat pendidikan pariwisata yang telah diakui oleh akademi pariwisata internasional yang ada di Inggris.

Kaprodi berharap kepada para mahasiswa agar dapat mengaplikasikan semua ilmu yang didapatnya dari semester awal hingga sekarang secara maksimal dan diimplementasikan pada event tersebut.

Tabex 2023 diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya TABLE TOP adalah forum bisnis yang dirancang untuk mempertemukan antara pelaku industri pariwisata daerah pelaksana (Seller) dengan pelaku Industri pariwisata tujuan (Buyer), yang dilaksanakan di Desa Wisata Bilebante.

Kemudian EXHIBITION,

INCENTIVE TOUR dan REELS COMPETITION.

(Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments