Tim Damkar Bima Padamkan Si Jago Merah, 6 Unit Rumah Hangus Terbakar


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id.- Si Jago Merah Mengamuk, 6 Unit Rumah Hangus Terbakar. Kebakaran 6 Unit Rumah (4 unit Panggung 9 tiang rata dengan tanah dan 2 unit rumah Permanen rusak ringan) di Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima.

Pada hari Kamis tanggal 9 November 2023 pukul 23.20 Wita bertempat di RT. 16/RW.08 Dusun Lewi  1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, telah terjadi Kebakaran 6 Unit rumah ( 4 unit Rumah Panggung 9 tiang rusak berat, dan 2 unit rumah Permanen rusak ringan ), Adapun penyebab kebakaran, dugaan sementara akibat arus pendek/konsleting listrik di rumah panggung tempat penyimpanan padi dan  jerami pakan sapi milik Sdr. Abdurahman.

Adapun Identitas Korban dapat dijelaskan Bahwa ;

1. Nama        : Abdurahman

    Umur          : 50 tahun

    Pekerjaan : Swasta

Alamat      : RT.16/RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 2 unit Rumah Panggung 9 tiang rata dengan tanah.

2. Nama.       : M. Habibullah

     Umur.        : 30 tahun 

     Pekerjaan ; Guru Honorer.

 Alamat      : RT.16 / RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 2 unit Rumah Panggung 9 tiang rata dengan tanah..

3. Nama.       : Yakub 

     Umur         : 28 Tahun

     Pekerjaan : Petani 

Alamat.     : RT.16 / RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 1 unit Rumah Permanen rusak ringan bagian atap.

4. Nama.        : Gajali

     Umur          : 28 Tahun

     Pekerjaan : Petani

     Alamat : RT.16 / RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian Rumah Permanen Rusak Ringan bagian atap.

Kemudian dapat dijelaskan pula adapun Kronologis Kejadian sekitar Pukul 23.20 Wita, sumber api berawal dari rumah 9 tiang tempat penyimpanan jerami dan padi, lalu pada Pukul 23.30 Wita, korban melihat api yg sudah besar dan berteriak meminta bantuan pada warga, tetangga sekitar berlarian untuk memadamkan api dengan alat seadanya;

Nampak hadir dan turut andil ada Babinsa Babin Trantibum dan Babinkamtibmas tiba di TKP untuk membantu warga memadamkan api, dengan cepatnya api akhirnya 4 unit rumah rata dengan tanah;

Juga Nampak pula Mobil Pemadam Kebakaran Kec. Palibelo dan di ikuti dua unit Mobil Pemadam Kebakaran Kab. Bima tiba lokasi kebakaran  untuk memadankan api dan puing-puing api yang masih terbakar;

Dan sekitar Pukul 00.15 Wita, api dapat di Padamkan dan dilanjutkan dengan Pendinginan.Pendinginan oleh Tim Pemadam Kebakaran telah selesai dan tiga unit Mobil Pemadam meninggalkan lokasi kebakaran/TKP, dengan situasi terpantau aman dan kondusif.

Sementara itu, Camat Palibelo ( Kumara Jaya, S.STP.,M.Si.) tiba di TKP Kebakaran, langsung memberikan arahan untuk pendataan agar bisa dilaporkan kepada Pimpinan Daerah.

Akibat Dampak Kebakaran tsb Kerugian diperkirakan Rp. 500.000.000 ( lima ratus juta rupiah) dengan rincian sbb:

1. Korban jiwa : Nihil

2. Korban Materil : 

     a. 4 Unit Rumah panggung 9 tiang beserta isinya terbakar rata dengan tanah.( Rusak Berat).

     b. 2 unit Rumah Permanen terbakar di bagian atap dan dapurnya. (Rusak Ringan)

Dugaan terjadinya kebakaran di akibatkan oleh arus pendek/konsleting listrik di rumah 9 tiang tempat penyimpanan padi dan jerami pakan sapi milik Sdr. Abdurahman. Diharapkan kepada Pemerintah Kab. Bima agar dapat memberikan perhatian atau bantuan berupa tenda untuk tempat tinggal sementara dan bantuan tanggap darurat lainnya kepada korban kebakaran.


Kesulitan bagi Regu Damkar masuk ke Lokasi Kebakaran/TKP karena Gang Kecil, diharapkan kepada Kepala Desa dan Masyarakan dapat membuka dan melebarkan Gang / Jalan Desa sehingga dapan dilalui oleh Mobil Pemadam Kebakaran.

Paska kejadian kebakaran di Desa Teke Kec. Palibelo situasi terpantau aman dan kondusif.Paska Kejadian kebakaran situasi di TKP terpantau aman dan kondusif.

Tim Disdamkarmat Kab. Bima

Load disqus comments

0 comments