Hadiri Kegiatan Re-Akreditasi Puskesmas Monta, Wabub Dahlan Sampaikan Pentingnya Pelayanan


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global.Ud. Usai mengikuti kegiatan penilaian Re-Akreditasi sejumlah Fasilitas Kesehatan (faskes) Rumah Sakit RSUD Sondosia baru-baru ini,  kini Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Nor kembali menghadiri kegiatan Re-Akreditasi Puskesmas Monta. Rabu, (13/12/23).

Wabub Drs. H. Dahlan M. Nor yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Fahrurahman, SE.,M.Si dan Sekretaris Dikes Nurul Wahyuti, SE.,ME juga Kabid serta Pegawai Dikes juga turut hadir Anggota DPRD Provinsi NTB Abdul Rauf, ST, MM, Anggota DPRD Kabupaten Bima Muhammad Sidik, SH, Anggota DPRD Kabupaten Bima Mustakim H. AR, Camat Monta Muktamirin, S.IP, beserta Unsur Muspika, Kepala Puskesmas Monta Ns. H. Abdul Salam, S.Kep pada acara Re-Akreditasi Puskesmas Monta yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Prima Husada (LAPRIDA).


Dalam.sambutannya dihadapan Tim Penilai Wabub menjelaskan,  kegiatan penilaian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan Medis dan Kesehatan terhadap pasien,  hal ini juga akan mencerminkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bima terus memberikan pelayanan yang baik terhadap Masyarakat.


Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Bima dibawah kepemimpinan Dinda-Dahlan terus berupaya agar sejumlah  Puskesmas Se- Kabupaten Bima dapat dilakukan penataannyang baik terutama aspek alat medis,  maupun manajemen, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan.


Selain iitu, Wabup dalam sambutannya mengatakan hal utama yang perlu diperhatikan adalah pelayanan dasar. Pelayanan dasar itu salah satunya dalam budaya kesehatan. itu sebabnya, diperlukan akreditasi. untuk mengetahui apakah sudah melayani sebaik-baiknya sesuai standar dan egaliter (sama) tanpa membedakan  ketika berhadapan dengan pasien. Pungkasnya.


Saya berharap nantinya di PKM Monta meskipun tidak bisa memuaskan semua pihak dalam dari semua aspek, akan tetapi sudah mampu meningkatkan pelayanan. Oleh karena itu, PKM Monta harus melakukan evaluasi terus-menerus melihat kekurangan untuk dapat meningkatkan pelayanan, karena hal ini juga akan terkait dengan peningkatan pendapatan PKM", terangnya.


Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dikes Fahrurahman, SE.,M.Si menjelaskan, tujuan Re-Akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manejemen resiko. Ujarnya.


Lanjutnya, Re-akreditasi ini juga bertujuan untuk pengakuan dari luar, apakah kita ini layak atau bisa memenuhi standar yang seharusnya kita laksanakan, jadi tujuannya untuk meningkatkan mutu dan pelayanan bagi masyarakat, jadi tidak ada lagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal. 


Harapan saya sebagai Kepala Dinas, apa yang sudah Tim Puskesmas Monta lakukan, mudahan-mudahan bisa tetap dipertahankan dan bisa lebih di tingkatkan,“ Tandasnya. (Ombus MDG)


Load disqus comments

0 comments