Kades Bajo Soromandi Sambut Team Penilai Lomba Desa & Lomba Posyandu Tingkat Kab.Bima Tahun 2024


Soromandi. Media Dinamika Global. Id.-Kades Bajo Soromandi Sambut Team Penilai Lomba Desa & Lomba Posyandu Tingkat Kab.Bima Tahun 2024. Penilaian Lomba Desa & Lomba Posyandu Tingkat Kab.Bima tahun 2024 Di Desa Bajo Kec. Soromandi Kab. Bima. Pada hari senin 27 Mei 2024 Pukul 13.40 wita, telah berlangsung Kegiataan Penilaian Lomba Desa & Lomba Posyandu Tingkat Kab.Bima Tahun 2024 di Desa Bajo Kec. Soromandi Kab. Bima, oleh Tim Penilai dari Kab. Bima yang di pimpin oleh Kadis DPMDes Kab. Bima, Bpk. Kamaruddin, S.Sos.

Pantauan Langsung Media ini Nampak hadir dalam Kegiatan terdiri dari Tim Pendamping antara lainnya Bapak Camat Soromandi, Julkifli SH. M. Hum, Kapolsek Soromandi, Iptu Ruslan agus SH Bersama Anggota, Danramil 1608 -05/Donggo, Lettu INF. Syafrudin,S.Sos Besama Anggota, Kepala KUA, Ketua TP. PKK Ibu Sri Kusmawati,A.Mk beserta anggota, Korwil Pendidikan, Kepala UPTD, Sekcam Soromandi ibu Nurhayati, S. Sos beserta seluruh Kasi dan Staf Kantor Camat, Kepala Desa Se Kec. Soromandi, PTI dan Anggota Satpol pp Kec. Soromandi

Dan juga hadir Tim Penilai terdiri dari Bapak Kadis DPMDes Kab. Bima, Kamaruddin, S.Sos ( Ketua Tim ), Kurniawan, S.Sos, Sekertaris DPMDes Kab.Bima, Ihwan Budiman, S.Sos, MAP, Kabid KPA dan SosBud DPMDes Kab. Bima, Mahfud, S.Par, Prokopim Sekretariat Daerah Kab. Bima, Safriatna Ach. S.PT. MM, Kabid Pemerintahan Desa DPMDes Kab. Bima, Dr. Juwaidin Ismail, Kabid UEM dan TTG Dinas PMDes Kab. Bima, Novi anggraini S. PT Bidang III Tim Penggerak PKK Kab. Bima, Hj. Chairunnisya Masryn, SP.M.Si. Ketua Bidang IV Tim Penggerak PKK, Rufaida, ST.MM, Kabid Pemberdayaan Perempuan pada Dinas DP3A2 Bima, Tita Masyitah, SP.M.Si. Kabid Informasi dan Pengolahan Data pada Dinas DP3A2 Kab. Bima, Sitha Isa Arahmawati, S.ST ( Bidan AR )Kabid Kesehatan Masyarakat Pada Dikes Kab. Bima, Arifurrahman, ST.M.Ling. Kabid Pemetaan Lingkungan pada DLH Kab. Bima, Samsurrizal, S,Sos. Jafung Muda PSM pada Bidang KPA dan Sosbud Pariwisata, Rahmawaty Sadatul Umy, ST.MM. Inov. Jafung Muda PSM pada Bidang KPA & Sosbud, St. Marjan, S.Sos. Jafum Muda PSM pada Bidang Pemerintahan Desa, DPMDes Kab.Bima, Abubakar, S.Sos Jafung Muda PSM pada Bidang UEM dan TTG DPMDes.Kab.Bima, M.Irfan,ST.M.Eng. Jafung Manggala Informatika Ahli Muda pada Dinas KOMINFOSTIK Kab. Bima, Erma Suryani, SKM, Jafung Ketua Tim Kerja Giji Masyarakat Pada Dikes. Kab. Bima, Agus Hari jaya, SKM, Jafung Ketua Tim Kerja Promkes Dikes Kab.Bima, Mukminah, S.Sos. Tenaga Tekhnik Administrasi pada Bidang Sosbud, MARIAH ulfa, S.Sos, Tenaga Tekhnis Dan Rosdiana, S.Sos, Tenaga Tekhnis Adminstrasi.

Adapun Rangkaian Kegiatan tersebut sekitar Pukul 13.40 wita, Kadis DPMDes Kab. Bima, Bpk.Kamaruddin, S.Sos selaku ketua tim penilai lomba Desa dan lomba Posyandu tingkat Kab. Bima tahun 2024 beserta rombongan tiba di Desa Bajo Kec. Soromandi langsung di sambut oleh MUSPIKA Kec. Soromandi di dampingi seluruh stakeholder pemerintah Kec. Soromandi dgn pemasangan selempang oleh Kades Bajo Bapak. Arahim dan di lanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua tim penilai di depan Kantor Desa Bajo Kec. Soromandi.


Dalam kegiatan penilaian lomba Desa dan lomba Posyandu di mulai tersebut diawali dengan Menyanyikan lagu Kebangsaan indonesia Raya oleh grup paduan suara TP. PKK Desa Bajo.
Kemudian Pembacaan Do'a, yang disampaikan oleh Al Ustadz Bpk. Ahmad, S. Pd, lalu Sambutan oleh Bapak Camat Soromandi yang Intinya:

Bapak Camat Soromandi Zulkifli, SH.M.Hum dalam sambutannya mengatakan Ucapan Selamat Datang kepada Ketua Tim beserta Rombongannya, Kemudian Ucapan Terima Kasih kepada Muspika dlm hal ini, Kapolsek Soromandi, Danramil Donggo, seluruh stakeholder pemerintah Kec. Soromandi dan ucapan terimakasih spesial khusus utk Kepala Desa dan seluruh masyarakat Desa Bajo dan pada umumnya masyarakat Kec.Soromandi yg sempat hadir guna memeriahkan kegiatan ini.

Desa Bajo dalam sejarah adalah desa bisa di katakan sebagai desa maju sejak bergabung dgn Kec. Donggo lebih2 telah di lakukan pemekaran menjadi Kec. Soromandi.

Desa Bajo telah meraih sertifikat Bupati Bima 2 kali terakhir 2022 dan 2023 sebagai Desa yang memiliki ketaatan keuangan dan administratif maupun lainnya,Melalui sertifikat tersebut saya berharap semoga Desa Bajo adalah sebagai Desa pemenang dalam kegiatan lomba Desa dan Posyandu tahun ini. Ungkapnya

Lanjutnya, Kami tidak Perlu berkomentar panjang terkait Potensi dan Kondisi Desa Bajo ini, Karena kami yakin bahwa Bapak Ketua Tim beserta seluruh rombongan sudah paham dengan situasi dan kondisi Desa Bajo Khususnya sebagai Desa yang kami utus utk mewakili Kec. Soromandi pada kegiatan lomba Desa tahun 2024.

Dibagian lainnya Kadis DPMDes Kab. Bima menyampaikan Sambutannya selaku Ketua Tim Penilai yang intinya " Saya selaku Ketua tim penilaian lomba Desa merasa bangga terhadap Camat Soromandi bersama seluruh stakeholder pemerintah Kec. Soromandi dan seluruh masyarakat Se Kec. Soromandi yg sudah luar biasa penyambutanya meskipun suasana yang sangat panas.

Untuk dimaklumi bersama di Tahun 2024 ini kami tim penilai lomba Desa Tingkat Kab.Bima di DPMDes dalam penilaiannya akan dirangkaiakan dengan beberapa mata lomba Desa, Insya Allah penilaiannya tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) di seluruh Kab.Bima, dan kami tim penilai sudah menyiapkan Piagam dan hadiah lainnya sebagai tanda penghargaan bagi Desa yang telah mendapatkan nilai baik dalam pengelolaan BUMDES. Ujarnya

Masih menurutnya, Yang perlu di ketahui bersama bahwa lomba Desa ini merupakan kalender tahunan pemerintah, mulai dari Tingkat Kabupaten, Propinsi dan Tingkat Nasional sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri No.18 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan di Seluruh Indonesia. Yg di nilai mulai Januari 2023 sampai Desember 2023 dgn tujuan agar dapat kita Ketahui Bahwa mana Desa yang Sedang berkembang , Sudah berkembang dan Cepat Berkembang.

Tujuan Lomba Desa ini untuk memetakan guna memperoleh Desa dengan kinerja terbaik yang insya Allah akan dijadikan sebagai Desa Percontohan dalam upaya mengakselerasi merata Pembangunan sekaligus meningkatkan motifasi pengembangan dan penerapan Inovasi dalam pengelolaan Pemerintahan Desa.

Dan yang terakhir Beliau sampaikan Melalui Lomba Desa Tingkat Kab.Bima ini bahwa penilaian lomba Desa untuk melihat kinerja Aparatur Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa yang diharapkan bagaimana oleh Pemerintah Desa dan Masyarakat sehingga harapannya bagaimana meningkatkan Kwalitas Pelayanan Masyarakat dan meningkatkan Stabilitas Ekonomi Masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan kemudian bagaimana meningkatkan kemampuan dalam menghadapi dinamika yang ada baik dalam Bidang Sosial Kemasyarakatan serta ketertiban Masyarakat, Mudah²an Desa Bajo menjadi Desa yg dapat mewakili Kab.Bima di Tingkat Propinsi dan sampai ke Tingkat Nasional.


Setelah ini, Team akan melakukan banyak hal yaitu pemaparan peserta lomba oleh Kades Bajo yg di dampingi Ketua TP. PKK dan Ketua BPD Desa Bajo kemudian Pembagian tim Juri untuk pemberian nilai dan mulai melakukan Pemeriksaan fisik, Administrasi dan wawancara sehingga Seluruh Rangkaian kegiatan penilaian selesai dan kegiatan berjalan lancar,aman dan kondusif. Tutupnya.

Dapat Kami Sampaikan bahwa Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan pemerintah yg di laksanakan setiap tahun baik di tingkat Kabupaten, Provinsi sampai pada tingkat Nasional guna untuk mengevaluasi perkembangan Desa dalam rangka memetakan mana Desa yg Sedang berkembang , Sudah berkembang dan Cepat Berkembang.

Kegiatan lomba Desa tahun 2024 ini semoga dapat menjadikan materi serta motivasi untuk Desa lain di Kec. Soromandi dan dapat mewakili Kec. Soromandi kedepannya baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun ke tingkat Nasional.(Uj MDG)
Load disqus comments

0 comments