Pj.Walikota Bima HM. Rum, Sesama Muslim Wajib Tolong Menolong


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Penjabat (Pj) Walikota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT gencar menyampaikan motivasi yang inspiratif pada warga masyarakat Kota Bima.

Pj Walikota HM Rum sampaikan agar sesama muslim yang ada di Kota Bima ini saling tolong menolong satu sama lainnya.

Menurutnya tolong menolong dalam hal kebaikan justru sangat dianjurkan dalam Islam.

HM Rum memberikan contoh seperti meringankan beban orang lain, menutupi aibnya, memberi bantuan kepada seseorang, dan mengunjungi orang yang sedang sakit atau menerima suatu musibah.

Hadits membantu sesama menjelaskan tentang perintah setiap muslim untuk membantu orang lain dalam hal kebaikan agar mendapat ridha dan pahala dari Allah SWT.

“Dan kita harus tanamkan dalam jiwa bahwa membantu sesama muslim yang sedang membutuhkan bantuan adalah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang beriman” demikian ujar HM Rum dikutip pada salah Media Online. Rabu, (15/5/2025).

Apa yang dianjurkan oleh Pj Walikota Bima HM Run ini sesuai dengan Perintah untuk tolong menolong dalam hal kebaikan difirmankan oleh Allah SWT secara langsung dalam surah Al-Maidah ayat 2 yang artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar (kesucian) Allah) jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram) jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qalā’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda) dan jangan (pula mengganggu) para pengunjung Baitul Haram sedangkan mereka mencari karunia dan rida Tuhannya!) Apabila kamu telah bertahalul (menyelesaikan ihram), berburulah (jika mau). 

Janganlah sekali-kali kebencian(-mu) kepada suatu kaum, karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidil Haram, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya.

Rasulullah SAW juga mengumpamakan bahwa sesama muslim itu bagaikan satu tubuh yang bisa merasakan satu sama lain, apalagi ketika salah satunya ada yang merasa kesulitan.

Dari An-Nu’man bin Basyir RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan kaum mukmin dalam saling cinta, saling mengasihani, dan belas kasih mereka bagaikan satu jasad. Apabila satu anggotanya sakit maka seluruh tubuh akan merasakan tidak bisa tidur dan demam.” (HR Muslim)

Tolong menolong kepada sesama manusia, terutama sesama muslim tidak hanya diperintahkan oleh Allah SWT saja, namun Nabi Muhammad SAW juga turut menekan umatnya untuk berbuat demikian.

Sebaliknya, apabila seorang muslim tidak mau menolong sesama padahal dirinya mampu untuk membantunya, maka Allah SWT akan membalasnya dengan balasan yang setimpal. (MDG 01)

Load disqus comments

0 comments