Firmansyah : Pentingnya Peningkatan Kualitas Wartawan, PWI Kabupaten Bima Gelar Sosialisasi PD/PRT, KEJ Dan KPW Di Panda



Bima NTB. Media Dinamika Global. Id.-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan acara sosialisasi Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan (KPW) di Lesehan Jain Panda. Rabu (12/06/2024) sekitar Pukul 08:00 Wita.  Acara berlangsung hanya satu hari saja dan diikuti oleh 26 anggota PWI. 

Para peserta sosialisasi mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai pentingnya kode etik jurnalistik dalam menjaga integritas profesi wartawan. 

Dalam sesi pertama, para peserta diajak untuk memahami konsep operasional moral dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai wartawan, dimana Kode Etik Jurnalistik (KEJ) memegang peran sentral. 

Firmansyah, Ketua PWI Kabupaten Bima dalam penyampaiannya menekankan bahwa kode etik jurnalistik merupakan kunci dalam merawat dan mempertahankan kepercayaan publik terhadap profesi wartawan. 

Dalam penuturannya, menjadi wartawan itu tidak mudah dan tidak segampang pemikiran rekan-rekan semuanya. Karena seorang harus memiliki integritas dan sikap profesional dalam menjalankan profesinya. 

"Maka dengan melalui acara sosialisasi ini, kita akan sama-sama belajar memahami cara berorganisasi dan pentingnya menjaga integritas dan independen sebuah profesi, " tuturnya. 

Dijelaskan, bahwa dalam PD/PRT, KEJ dan KPW sudah tertera sangat jelas dan rinci. Maka harus dipelajari dengan cermat dan seksama agar dapat dipahami secara keseluruhan. 

Menanggapi salah satu pertanyaan peserta, terkait fenomena "kloning" yang semakin marak dilakukan oleh sejumlah wartawan di lapangan. 

Tindakan kloning ini melibatkan pengambilan berita dari wartawan lain tanpa melakukan konfirmasi kepada narasumber yang terkait. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran terhadap etika Jurnalistik. 

Diakhir penghujung acara tersebut, dia menekankan pentingnya mengukuhkan kembali standar profesi wartawan untuk memastikan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan publikpublik, bukan kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu. (MDG05) 

Load disqus comments

0 comments