Melihat Luasnya Potensi Lahan Pertanian, Yayasan Bina Tani Sejahtera Lirik Pemuda Desa Risa.

Kades Risa, Muhrim H.Ismail saat menerima kehadiran Yayasan Bina Tani Sejehtera Jakarta Timur pada hari Kamis (27/6).

Bima. Media Dinamika Global.Id.- Melihat potensi luas lahan areal pertanian, Yayasan Bina Tani Sejahtera Jakarta Timur, Lirik Desa Risa Kecamatan Woha untuk pengembangan tanaman Komoditas holtikultura, Dengan target memperdayakan pemuda pengangguran untuk dapat berusaha mandiri dengan dilakukan pendapingan melalui petani hortikultura dan transfer pengetahuan tentang bertani serta memberikan modal untuk pembelian bibit dan obat-obatan. 

Team Leader area Pulau Sumbawa, Paschalis, Mengatakan, program ini sasarannya Petani muda yang rentang usianya umur 18-'33 tahun untuk diberi pendapingan mengenai cara tanam komoditas holtikultura seperti tanaman sayur, Tomat, cabe dan jenis tanaman lainnya tentang komoditas holtikultura. Jelasnya pada media ini yang di dampingi kades Risa Mukhrim H.Ismail dan ketua KUD Usman di lokasi lahan pertanian kades Risa, pada hari kamis tanggal (27/6).

Paschalis, Menjelaskan, Akan memilih Sekitar 25 orang pemuda yang nantinya akan dilakukan bimbingan pendampingan selama 15 hari untuk memberikan ilmu tentang tata cara bertani oleh tenaga pendamping dan tenaga pemasaran.

"Kita hanya menyiapkan bibit benih , mulsa dan obat pertisida senilai 2 juta dan lahannya di persiapkan sendiri yang luasnya minimal 5 sampai 10 are".paparnya.

Ia melanjutkan, Hasil pertaniannya nanti juga akan membantu melakukan pemasaran sesuai harga pasar yang berkembang. Tutupnya.

Sementara itu, Kades Risa, Mukhrim H.Ismail, Merespon dengan baik kehadiran yayasan Bina Tani Sehahtera yang telah memilih desa risa untuk pemberdayaan pemuda di bidang pertanian, tentunya ini merupakan sebuah rahmat adanya yayasan yang peduli terhadap pemuda yang usia prodiktif agar tidak menjadi pengangguran. Ucapnya dengan penuh semangat. (Zain)

Load disqus comments

0 comments