Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Kota Bima, Lolos Ajang Penyuluh Award Tingkat Nasional


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id.- Selasa, 04 Juni 2024. Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Kota Bima, Lolos Ajang Penyuluh Award Tingkat Nasional. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi NTB menggelar Penyuluh Agama Islam Award yang dilaksanakan pada Tanggal 21-22 Mei 2024 bertempat di Puri Indah Hotel Mataram. 

Penyuluh Agama Islam Award merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Ada delapan kategori yang diikutsertakan dalam Penyuluh Agama Islam ini.

Adapun delapan kategori tersebut; Peningkatan Literasi Alquran, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Ummat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, Metode Penyuluhan Baru, Penguatan Moderasi Beragama.

Dalam hal ini Kemenag Kota Bima mengutus Penyuluh Agama Islam Non PNS yaitu Ustadz Ade Rahman, M.Pd, dengan mengambil kategori Pembinaan Kelompok Rentan dengan fokus permasalahan Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak khususnya di Kelurahan Penanae Kec. Raba Kota Bima.

Ustadz Ade Rahman melihat kasus kekerasan seksual anak disebabkan oleh kurangnya pengawasan, peran, serta fungsi keluarga.

"Selain itu lemahnya kontrol sosial dari masyarakat sendiri juga menjadi faktor utama tingginya kasus kekerasan seksual anak di Kelurahan Penanae," jelasnya.

Sebagai penyuluh agama ustadz Ade Rahman melakukan beberapa metode untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Penguatan Kapasitas Keluarga melalui kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Kelurahan Penanae.

Harapannya dengan adanya Kegiatan Penguatan Kapasitas Keluarga ini dapat memberi pemahaman kepada masyarakat terutama kepada orang tua akan bahayanya kekerasan seksual kepada anak. Ujarnya.(MDG024).
Load disqus comments

0 comments