Dinas ESDM Kabupaten Sumbawa Barat Diduga Terlibat Mendukung Usaha Penambangan Pasir Liar


Sumbawa. Media Dinamika Global. Id.- Dinas ESDM Kabupaten Sumbawa Barat Diduga terlibat mendukung usaha penambangan Pasir Liar. Usaha Penambangan Pasir Liar di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat Menjadi Sebuah Pertanyaan Yang perlu dilakukan pengawasan khusus untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanan nya mulai dari izin yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah terkait, beserta pemanfaatan usaha tersebut dalam upaya mensejahterakan kebutuhan bagi warga disekitar tempat itu.

"Namun demikian, apakah usaha yang dimaksud tidak merusak lingkungan setempat??? Maka dari itu lewat kesempatan ini, perlu kita ketahui secara bersama bahwa kegiatan usaha penambangan pasir liar yang dilakukan oleh beberapa Oknum-oknum tertentu.

Dan kuat dugaan nya bahwa usaha yang dimaksud ada keterlibatan pihak dari dinas terkait beserta pemerintah setempat yang bermain untuk kepentingan pribadi dan kelompok nya itu, demi meraih keuntungan walaupun harus melanggar peraturan perundang undangan yang berlaku.

"Berdasarkan Hasil pemantauan oleh awak media ini, ada 5 tempat tertentu yang kerap melakukan kegiatan penambangan pasir secara liar di lingkup kabupaten Sumbawa Barat khususnya wilayah pesisir timur dan barat kota Taliwang. 

Walaupun sudah di lakukan upaya pemberhentian atas kegiatan itu namun kendati demikian tidak berjalan lama, karena pihak pelaksana kegiatan itu akan berusaha mencari cara supaya usaha nya dapat berjalan lagi walaupun harus melakukan negosiasi kepada oknum oknum tertentu yang memegang kendali yang mungkin memiliki pengaruh kuat di lingkup pemerintah kabupaten Sumbawa Barat.

"Jika Perihal tersebut benar adanya, maka pemerintah beserta aparat hukum segera lakukan upaya pencegahan dan larangan bagi para pelaksana kegiatan itu untuk mencegah kerusakan ekosistem di sekitar wilayah yang dimaksud serta dibarengi dengan pemeriksaan legalitas perizinan atas kelayakan kegiatan nya itu.

"Apabila dilakukan pengawasan  terhadap kegiatan itu tidak menutup kemungkinan mampu menahan proses pelaksanaan kegiatan penambangan pasir secara liar yang kerap dilakukan oleh beberapa pengusaha yang ada di kabupaten Sumbawa Barat. (MDG020)

Load disqus comments

0 comments