Fakultas Kedokteran Unila Gelar Pengabdian kepada Masyarakat Penguatan Kader,Jumantik dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan DBD Di Desa Karang Anyar.

Lampung Selatan - Mediadinamikaglobal.id || Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA) Mengatakannya Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Tema “Penguatan Kader Jumantik dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Karang Anyar Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan”. Acara ini berlangsung pada Tanggal 8-10 Juli 2024 di Balai Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati agung, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu ( 10/07/2024 ) 

Kegiatan ini Diikuti Peserta dari berbagai Lapisan Masyarakat, termasuk kader Jumantik, masyarakat umum, dan pamong desa. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai Pencegahan penyakit DBD serta memperkuat peran kader Jumantik dalam upaya tersebut.

Saat Di Comfirmasi Saat Kegiatan Berlangsung Pelaksana dan Sebagai Narasumber Kegiatan Bapak Dr,Sutarto .SKM.EPid, Menjelaskan, Dalam Kegiatan Hari ini Sebagai Bentuk Penguatan Kader, Pemberdayaan dan Penyuluhan Terkait Penanganan Kasus DBD dan Pencegahannya Kepada Peserta Khususnya Warga Masyarakat Desa Karang Anyar., Ujar Sutarto. 

Adapun Dalam Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Meliputi, 
1. Penyuluhan mengenai pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bertujuan memberikan informasi penting dan strategi pencegahan kepada masyarakat. 
2. Pelatihan bagi kader Jumantik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran DBD di lingkungan mereka.
3. Pemasangan baleho promosi kesehatan yang berisi informasi tentang pencegahan DBD sebagai upaya meningkatkan kesadaran visual masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, Fakultas Kedokteran Unila berharap Masyarakat Desa Karang Anyar lebih siap dalam menghadapi ancaman penyakit DBD serta mampu mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. Inisiatif ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengimplementasikan program pencegahan DBD yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat, Tutup Bapak Sutarto. 

Di Waktu yang Sama Saat Diwawancarai Terkait Kegiatan ini, Kepala Desa Karang Anyar Bapak Sumanto, Menyampaikan, Ucapan Terimaksi Kepada Bapak Dr. Sutarto, SKM., EPid da n Pihak  Fakultas Kedokteran Universitas Lampung ( Unila ) Yang Hari Ini Mengadakan Kegiatan  Penguatan, Pemberdayaan dan Penyuluhan serta Pencegahan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) Di Balai Desa Karang Anyar Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan, Ujar Kepala Desa Karang Anyar. 

" Alhamdulillah Atas Nama Pemerintah Desa Karang Anyar Saya Ucapkan Terimakasih  Atas Kegiatan ini, Yang Begitu Antusias Di Ikut Oleh Peserta Masyarakat Karang Anyar dan Aparatur Desa Untuk Diberikan Pemahaman Terkait Pencegahan Penyebaran Penyakit DBD Di Desa Karang Anyar Sebagai Bentuk Pencegahan Sejak Dini Agar Melindungi Anggota Keluarga di runah dari Terjangkit Penyakit DBD., Tutup Sumanto Kepala Desa Karang Anyar. ( Fs/Red)
Load disqus comments

0 comments