Hadiri Harlah 224 Desa Maria, Kita Wujudkan Maria Maju, Aman, Religius, Indah Dan Asri


Pembukaan dan peresmian kegiatan Harlah Desa Maria Ke-224 oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE., M. IP didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bima, Camat Wawo, Kepala Desa dan Forkompicam di Halaman situs Uma Lengge (Rumah tradisional). 

BIMA.Mediadinamikaglobal.id || Puncak perayaan Hari Lahir (harlah) Desa Maria ke-224 digelar pada Sabtu malam, (13/07/2024). Berbagai pejabat penting yang hadir dalam kegiatan tersebut ialah Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE.,M.IP, Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Putera Feryandi,M.IP, komponen pejabat daerah, Anggota DPRD, Kepala OPD, Kapolres Bima Kota yang diwakili AKP H. Rusdin,S.Sos, Camat Wawo Syarifudin Bahsyar,S.Sos, Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S.Sos,Korwil Pendidikan Kecamatan Wawo Ismail, S.Pd , Ketua PKK Kecamatan Wawo, Kapolsek Wawo AKP.A.H.Wongso, Danramil 1608-06/Wawo Kapten Inf. Tohir YP, Kepala Desa Maria Imran Ibrahim, Kepala Desa Riamau Adisan,S.Sos beserta Ketua PKK Desa Riamau, Sekdes Desa Maria M. Al Gazali, S.Pdi,Ketua PKK Desa Maria, perangkat Desa Maria, Babintrantibum Desa Maria Tayeb dan Masyarakat Desa Maria pun tampak memadati Halaman Situs Uma Lengge (Rumah Tradisional) Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi lokasi digelarnya acara.

Dalam acara tersebut, Bupati Bima dan Ketua DPRD kabupaten Bima beserta rombongan disambut oleh secara adat yang disebut "Makatua" (Ketua Adat Desa Maria A. Salam Rahim) dan juga Tari Wura Bongi Monca (Tabur beras kuning) oleh Sanggar La Diha serta sambutan hangat oleh Para Forkompicam dan masyarakat yang hadir dalam memeriahkan acara tersebut. 

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri,SE.,M.IP didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhamad Putera Feryandi,M.IP, Kapolres Bima Kota yang diwakili AKP. H. Rusdin, S.Sos dan Camat Wawo Syarifudin Bahsyar,S.Sos

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.,M.IP, yang hadir pada acara tersebut mengucapkan selamat atas sampainya Desa Maria pada usia 224 tahun. Menurutnya, perjalanan panjang Desa Maria ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Maria senantiasa menjunjung tinggi kebersamaan, semangat gotong royong, adat, budaya, serta kearifan lokal yang menjadi pilar kehidupan masyarakat sejak ratusan tahun silam.

Sambutan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE., M. IP

"Kami telah mendengar harapan dari Desa Maria atas capaian dan rencana Pembangunan di Desa. Kami Pemerintah Daerah akan selalu siap mendukung dan Kami berharap ke depan dengan berbagai sumber daya dan potensi yang dimiliki, Desa Maria mampu mengatasi berbagai tantangan, mampu membangun infrastruktur, meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya, serta mendorong pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat. Sesuai dengan tema Maria Maju, Aman, Religius, indah dan asri, " Ucap Umi Dinda.


Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima memberikan bantuan uang tunai secara pribadi masing-masing sebesar 5 juta. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bima Umi Dinda meresmikan dengan pemukulan Gong atas pembukaan dalam rangka hari lahir Desa Maria, yang akan menjadi identitas visual yang merepresentasikan Maria Maju,Aman, Religius, indah dan asri serta kekayaan budaya dan alam yang dimiliki Desa Maria. 

Dalam acara tersebut, Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten memberikan bantuan uang tunai secara pribadi masing-masing sebesar Rp 5 juta untuk acara kegiatan tersebut. 

Sebelumnya dalam sambutannya Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim, menyampaikan ucapan terimaksih dan apresiasi kepada Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima beserta rombongan atas kehadirannya dalam rangka memperingati hari lahir Desa Maria Ke 224 Tahun.

"Kami khaturkan ucapan terimakasih banyak atas kehadiran Bupati Bima beserta rombongan pada kegiatan malam ini, " Tuturnya. 

Dengan diadakannya Harlah Desa Maria yang ke-224 tahun, yang hari jadinya bertepatan pada tanggal 15 Juli, dapat meningkatkan semangat untuk membangun Desa seutuhnya demi mewujudkan Maria Maju, Aman, Religius, Indah dan Asri.

Selain memperingati hari jadi Desa Maria yang Ke-224, Desa Maria juga mengadakan perlombaan antar dusun khusus di Desa Maria yang dimana di adakan secara berturut-turut, yang diikuti oleh 4 Dusun yang ada di Desa Maria. Adapun perlombaannya terdiri dari lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Desa Maria. 

Sementara itu, Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S.Sos, mengatakan mengapresiasi kepada Kepala Desa Maria yang mampu berkolaborasi bersama perangkat Desa dan membangun kemitraan bersama pemerintah Kecamatan juga masyarakat dalam memeriahkan acara lahirnya Desa Maria ke -224 tahun. Kegiatan ini sangat meriah, bahkan acara pembukaannya dihadiri langsung oleh Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima serta pejabat pemerintahan lainnya. Ini bertujuan agar Desa Maria bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang berada di Kecamatan Wawo. 

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Wawo mengapresiasi dan ucapkan selamat atas acara memperingati hari lahir Desa Maria ke-224 Tahun yang begitu luar biasa dan begitu antusias masyarakat dalam memeriahkan acara ini, " Ungkap Camat Wawo pada awak media. 

Pemetasan musik kolaborasi yang ditampilkan Sanggar Ntimbo La Maria. 

Kemudian lanjutnya Pementasan musik kolaborasi yang ditampilkan oleh Sanggar Ntimbo La Maria yang diperankan oleh anak-anak remaja. Serta penampilan dari Pelangi Band yang memeriahkan acara tersebut dengan memukau hadirin. (MDG05)

Load disqus comments

0 comments