Kemeriahan Pawai Budaya HUT Ke-103, Warga Desa Raba Sangat Antusias


Wawo. Media Dinamika Global. Id.- Acara yang diikuti oleh peserta dari berbagai instansi, sekolah dasar/madrasah sederajat, SMP, dan SMA sederajat, serta masyarakat umum, memukau ribuan pasang mata yang berkumpul untuk menyaksikan.

Antusias masyarakat peserta pawai budaya dalam menyaksikan pembacaan undian berhadiah oleh Panitia pelaksana. 

Kegiatan pawai budaya ini dihadiri oleh Kabid 1 Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Camat Wawo Syarifudin Bahsyar,S.Sos, Wakapolres Bima Polda NTB, Kepala Desa Raba Syamsuddin, Sekdes Raba Ibrahim, S. Sos, Kapolsek Wawo diwakili Aiptu Andi Sutrisno, Danramil Wawo diwakili oleh Babinsa Desa Raba, Ketua PKK Desa Raba, Bhabinkamtibmas Desa Raba, Babintrantibum Desa Raba, Perangkat Desa Raba, ketua-ketua RT/RW,tokoh masyarakat,tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, Linmas dan masyarakat pada umumnya. 

Ketua Panitia M. Natsir, S. Ag bersama Wakapolres Bima saat memberikan arahan pentingnya memberantas narkotika. 

Pukul 13.30 WIB, pawai budaya yang memulai perjalanannya dari Lapangan umum Desa Raba dan kembali ke lapangan ini membawa semangat kebersamaan dan keanekaragaman budaya dalam satu harmoni. Mengusung tema "Kita Wujud Desa Yang Ramah, Aman,Bersih dan Agamais" pawai ini menyajikan kreativitas yang memukau dari setiap peserta.

Rute pawai melintasi dari lapangan terus mengarah ke Timur lalu sampai ke Kantor Desa Raba balik lagi ke Lapangan Umum Desa Raba dengan sorak sorai yang memenuhi udara dan tarian-tarian yang mempesona. 

Camat Wawo, Syarifudin Bahsyar,S. Sos, dengan bangga melepas pawai ini, menunjukkan semangat gotong royong dan semangat nasionalisme yang kuat.

Acara pawai budaya ini berhasil menghadirkan harmoni antara berbagai kelompok masyarakat, meleburkan perbedaan dalam perayaan bersama. Ribuan penonton yang memadati rute pawai terlihat antusias dan penuh semangat, ikut merayakan momen bersejarah ini. Dalam suasana gegap-gempita, pawai budaya menjadi ekspresi rasa cinta dan kebanggaan terhadap Desa yang Ke- 103 tahun. 

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Kepala Desa Raba, Syamsudin. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga dan peserta pawai budaya yang telah berkontribusi untuk membuat perayaan tahun ini begitu istimewa. Ia juga menekankan pentingnya mempertahankan dan melestarikan warisan budaya desa yang begitu berharga.

"Dalam memperingati hari ulang tahun Desa Raba ke-103 kita doakan bersama-sama semoga desa yang kita cintai ini agar menjadi desa yang maju yang pada akhirnya membahagiakan seluruh masyarakat tanpa terkecuali sesuai dengan tema kita "Kita Wujudkan Desa Yang Ramah, Aman, Bersih dan Aman," Ujar Syamsudin Kades Raba. 

Sementara, M. Natsir, S. Ag, Selaku Ketua Panitia Pelaksana, mengatakan peserta pawai budaya tahun ini sangat meriah terdiri dari 3 kategori, yakni instansi, pelajar dan umum. 

Selaku Ketua Panitia Pelaksana, Natsir berharap pelaksanaan pawai budaya ini sebagai acara pembukaan hari jadi Desa Raba Ke-103 Tahun 2024 yang bertujuan sebagai ajang untuk melestarikan seni dan budaya di Desa Raba Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), serta semakinmempererat kebersamaan antar masyarakat. 

Antusias masyarakat terhadap pawai budaya cukup besar, hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang datang untuk menyaksikan acara tersebut. 

Pawai budaya tahun ini dipuji karena lebih meriah dan kondusif dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Warga Desa Raba dan pengunjung dari luar desa bahkan turut menyaksikan pawai budaya ini dengan penuh antusiasme. 

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-103 Desa Raba tidak hanya menjadi perayaan yang meriah, tetapi juga menjadi momen yang mengingatkan kita akan pentingnya memelihara dan merayakan warisan budaya yang kaya dan beragam. Semoga Desa Raba terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam melestarikan identitas budaya mereka yang unik. Selamat ulang tahun yang ke-103, Desa Raba. (MDG05) 

Load disqus comments

0 comments