Kodim 1608/Bima Menerima Kunjungan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Bidang Teritorial TNI AD

BIMA-Mediadinamikaglobal. id || Kodim 1608/Bima bersama para perwira menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) bidang Teritorial beserta rombongannya di Markas Komandan Distrik Militer 1608/Bima, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/7/2024) Pukul 13.30 Wita. 

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua tim Wasev sterad bidang teritorial Letkol Inf. Agus Indra Gunawan bersama rombongan, para perwira Kodim 1608/Bima, Staf Kodim, para Danramil Kota/Kabupaten Bima, satkorwil Babinsa Kota/Kabupaten Bima, tenaga pengajar,LSM, Mahasiswa, pelajar serta komponen masyarakat pada umumnya. 


Kegiatan Tim Wasev Bidang Teritorial TNI AD di wilayah Kodim 1608/Bima Tahun 2024 yang diawali sambutan yang diwakili oleh Mayor Inf. Asep Okinawa Muas selaku Kepala Staf Kodim 1608/Bima mewakili Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Andi Lulianto, S. Ikom menyampaikan permohonan ma'af atas ketidakhadiran kegiatan ini dikarenakan adanya kegiatan lain dan mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas kehadiran rombongan Tim Wasev bidang teritorial TNI AD. 


"Kami selaku tuan rumah mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran rombongan Tim Wasev bidang teritorial TNI AD, "ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau program kerja Kodim 1608/Bima dan program TNI ini merupakan fungsi utama TNI AD, Sehingga bersifat semesta yang melimpahkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya lainnya yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dimanfaatkan secara terpadu, terarah secara total serta untuk menegakkan kedaulatan negara. 


"Semoga dengan kedatangan tim ini dapat memberikan dampak dan pengaruh positif bagi pemerintah Kota/Kabupaten Bima serta pada umumnya masyarakat", tuturnya. 


Pembinaan teritorial wilayah Angkatan Darat (AD) pada hakikatnya merupakan kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan seutuhnya serta secara dini sesuai dengan sistim pertahanan semesta. Serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan serta memantapkan kemakmuran TNI- Rakyat. 


"Ucapan terimakasih kepada Tim Wasev teritorial TNI AD yang telah hadir kegiatan ini, terkait kinerja satkorwil yang artinya akan berpengaruh untuk memajukan kinerja babinsa dalam pembinaan teritorial di tingkat wilayah masing-masing, karena babinsa ujung tombak dari setiap kegiatan intern, "ungkapnya.

Ketua Tim Wasev Sterad Letkol Inf. Agus Indra Gunawan. 

Sementara dalam sambutan, Ketua Tim Wasev Sterad, Letkol Inf. Agus Indra Gunawan menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutannya. Dalam rangka untuk mengikuti kegiatan survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap keberadaan dan kinerja babinsa di wilayah Kodim 1608/Bima.


Diadakan kegiatan ini sesuai dengan fungsi utama TNI AD yaitu penyelenggaraan dan membina potensi demokrasi, kemudian fungsi sosial yang akan dijadikan sebuah kekuatan melalui kegiatan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka mewujudkan kekuatan wilayah aspek pertahanan. 


Babinsa sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan kemampuan komunikasi sosial dan pembinaan ketahanan di wilayah serta pembinaan perlawanan wilayah ini tentunya mendukung fungsi utama TNI AD. 


Hal ini tentunya diperlukan pengukuran kinerja secara langsung baik random sampling kepada komponen masyarakat, sehingga dapat mengoptimalkan pencapaian akuntabilitas kinerja TNI AD. Selain itu dalam pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan survei terhadap kepuasaan publik secara internal maupun eksternal, dengan cara pengisian melalui kuesioner sehingga dapat mengukur kinerja aparat teritorial dari segi pengetahuan dan keterampilan. Serta ini merupakan salah satu tuntutan dari reformasi birokrasi TNI AD. 


Tentunya ini tidak hanya dalam lingkup TNI AD saja, akan tetapi semua teritorial baik secara lembaga maupun yang berada di negara ini, "ucap Ketua Tim Wasev Sterad. 


Untuk diketahui bahwa sesuai dengan surat Menteri Keuangan Nomor 368 MK No 2 Tahun 2016 tentang satuan wilayah pasukan ini menjadi salah satu ukuran atau sebagai bahan pertanggungjawaban atas penyaluran untuk mendukung operasional kegiatan-kegiatan babinsa yang berada di wilayahnya. Staf TNI AD tentunya telah mengeluarkan buku pedoman untuk menyelenggarakan gunanya operasional babinsa. 


Adapun kemudian tolak ukur dalam kegiatan ini, yaitu peran aktif babinsa dalam melaksanakan kegiatan di wilayahnya. Dan kompetensi melalui indikator kemampuan dan pengetahuan bidang teritorial, serta indikator atau tolak ukur  tentang pemberdayaan peran melalui stakeholder di wilayahnya. 


"Semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan rahmat taufik serta hidayah-Nya dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini. " Tutupnya. (MDG05

Load disqus comments

0 comments