Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an XVII Tingkat Desa Ntori Tahun 2024


BIMA.Mediadinamikaglobal.id || Kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XVII Tingkat Desa Ntori Tahun 2024, dilaksanakan di Aula Paruga To'i Desa Ntori, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Sabtu (13/07/2024) Pukul 20.45 Wita. 

Kegiatan ini dihadiri Camat Wawo yang diwakili Sekcam Wawo selaku Ketua LPTQ Kecamatan Wawo Maman A. Kadir, S.Sos, Ketua PHBI Kecamatan Wawo H. Minggus AR, S. Pd.,M.Si, Ketua MUI Kecamatan Wawo Ustad Muhdar,S.Ag,Kepala Desa Maria Utara A. Rafik,S.Sos, Kepala Desa Ntori Algi Syarief, S.Sos, Sekretaris Desa Ntori Ismail, Danramil 1608-06/Wawo diwakili Kopka Budiman, Kapolsek Wawo diwakili AipdaJurahman,SH,Ketua BPD Ntori sekaligus Ketua Panitia Suryadin Ar, Ketua LPMD Ntori Abd. Kahir Usman BA, Ketua Adat Desa Ntori Nur Hilim, Babinsa Desa Ntori Sertu Sudirman, Babintrantibum Desa Ntori Lukman,S.Sos, Perangkat Desa Ntori, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan para tamu undangan. 

Laporan Ketua Panitia Suryadin AR, mengatakan sumber anggaran dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Desa Ntori yaitu bersumber dari Dana Desa melalui APBDes Tahun 2024 sebesar Rp 27 Juta. 

"Alhamdulillah melalui tim perencana daripada kegiatan APBDes 2024,seluruh anggaran ini telah kami Terima untuk dilaksanakan sebagai amanah yang telah diembankan kepada kami selalu Panitia pelaksana, " Ucapnya. 

Rencana kegiatan ini mulai dari tanggal 13-18 Juli 2024, adapun mata lomba yang akan dilombakan antara lain : Musabaqah Tilawatil Qur'an mulai dari tingkat dewasa hingga anak-anak, Qur'an, praktek sholat jenazah, Qasidah rebana dari dewasa hingga anak-anak dan pidato Ketua-ketua RT. Jumlah peserta yang sudah mendaftar saat ini sebanyak kurang lebih 57 orang peserta. 

"In syaa Allah nanti apa yang kita harapkan bersama, semoga melalui MTQ XVII tingkat Desa Ntori, bisa menghasilkan Qori/Qori'ah terbaik yang akan diutus ke tingkat MTQ Tingkat Kecamatan, "ujarnya.

Tujuan kegiatan ini ialah untuk mewujudkan masyarakat yang cinta al-qur'an, sehingga MTQ ini bisa menampilkan Qori/Qori'ah terbaiknya untuk diutus ke tingkat Kecamatan. 

Paduan suara 

Kemudian sesuai dengan surat keputusan Desa Ntori Nomor : 17 tahun 2024 tanggal 08 Juli 2024 tentang Penunjukan /pengangkatan Dewan Hakam,dewan juri dan panitera Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XVII Tingkat Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Tahun 2024 antara lain : Dewan  Hakam : Abidin Muhamad, Suryadin AR, Kartini, S. Pdi,Hanafi Ibrahim, Hj. Aswad. Dewan Juri : Nursahraini,S.Pd, Lukman, S.Sos,Raodatul Jannah,M.Erwin Fajarin, S. Pd, Suhada Harus. Panitera : Ainun Mardian dan Nur Eliyani. Dengan beberapa nama yang telah di cantumkan,Kepala Desa Ntori Algi Syarief, S.Sos langsung melantik dan mensahkan beberapa Dewan Hakam, dewan juri dan panitera. 

Sambutan Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S. Sos dalam kegiatan Pembukaan MTQ XVII Tingkat Desa Ntori Kecamatan Wawo. 

Sementara Camat Wawo yang diwakili Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S.Sos, mengatakan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Ntori, panita pelaksana kegiatan dan masyarakat Desa Ntori yang telah melaksanakan MTQ ini. Kegiatan ini merupakan program yang telah diagendakan tiap tahun secara nasional, dan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten maupun tingkat propinsi. 

"Kami menyampaikan salam hormat dan permohonan ma'af dari Camat Wawo, dikarenakan ada acara yang sama di Desa Maria. Sehingga tidak bisa hadir bersama kita,"tuturnya.

Pelantikan dewan hakam, dewan juri dan panitera MTQ XVII Tingkat Desa Ntori Tahun 2024 oleh Kepala Desa Ntori Algi Syarief,S.Sos

Lanjutnya, dengan diadakan agenda ini Desa Ntori nantinya akan menghasilkan Qori dan Qori'ah terbaik yang akan mewakili Desa Ntori ke tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat kecamatan nantinya. 

"Sesuai dengan temanya, Mudah-mudahan sesuai dengan harapan kita bersama kedepannya masyarakat maupun generasi kita menjadi generasi yang cinta Al-Qur'an, "imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal negatif. Apalagi disaat sekarang ini di Kecamatan Wawo sudah marak narkoba dan miras, sehingga ini menjadi tugas kita bersama, untuk memerangi dan memberantas hal-hal yang dapat merusak citra agama. 

"Harapannya generasi kita selalu cinta kepada Al-Qur'an, sehingga bisa menjaring hal-hal yang negatif tersebut. Dengan tujuan penyelenggara kegiatan ini adalah melaksanakan visi misi dari Pemerintah Kabupaten Bima yaitu Bima Yang Religius, ramah dan Qur'ani. Momen seperti ini, kita bisa menjadi masyarakat religius serta selalu menggaungkan cinta Al-Qur'an di wilayah kita."terangnya. 

Dalam pantauan langsung awak media, Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S.Sos diakhir sambutanya langsung membuka secara resmi kegiatan MTQ XVII Tahun 2024 Tingkat Desa Ntori.(MDG05) 

Load disqus comments

0 comments