Pemdes Bontokape Gelar Sosialisasi Penetapan dan Penegasan Batas Desa


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Pemerintah Desa Bontokape Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, melaksanakan pertemuan terkait kegiatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa (PPBD), Selasa (23/7/24). 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Bontokape sekitar Pukul 08:30 Wita. Hadir dalam pertemuan tersebut, Kabid Sosbud pada lingkup DPMDes Kabupaten Bima, Iwan Budiman S.Sos M. AP, warga masyarakat, Anggota Babinsa, Bhabinkamtibmas, Babintribun maupun Anggota Lembaga Desa (BPD).

Syamsul Arif selaku Kepala Desa Bontokape menjelaskan, dalam kelancaran terkait penetapan dan penegasan batas desa sangat penting peran serta masyarakat. Maksud dilakukan kegiatan penetapan dan penegasan batas desa ini kata Kepala Desa Bontokape Syamsul Arif, selain Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa merupakan dasar hukum yang jelas dan yuridis. " Tegasnya 

Sementara Kabid Sosbud Iwan Budiman S.Sos M.AP, dalam sambutan mengatakan, sebagaimana yang disampaikan oleh pihak pemerintah Desa bahwa penetapan dan penegasan batas desa penting perlu disosialisasikan. 

Dalam kegiatan sosialisasi penetapan dan penegasan batas desa ini bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek teknis dan diperlukan untuk melaksanakan hak dan kewajiban negara baik berdasarkan hukum nasional maupun hukum internasional. 

Sementara Dasar Hukum peta Desa jelas berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negeri No 45 Tahun 2016. Sementara Penegasan batas Desa dilakukan melalui tahapan tahapan yakni penelitian dokumen penetapan desa, pelacakan dan penentuan posisi batas, pemasangan dan pengukuran pilar batas maupun pembuatan peta batas Desa. " Terangnya. (MDG 023)

Load disqus comments

0 comments