Pemdes Waduwani Peringati 1 Muharram 1446 Hijriah.

Bima. Media Dinamika Global.Id. -Memperingati tahun baru islam yang bertepatan pada tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah, Pemerintah Desa (Pemdes) Waduwani Kecamatan Woha, Menggelar acara ceramah agama tempatnya di Mesjid Nurul Huda Desa Waduwani, Pada hari Minggu malam tanggal 07 Juli 2024.

Dalam kegiatan memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah, yang di isi dengan acara ceramah agama tersebut di awali dengan 

Pembacaan Qalam Illahi oleh Qoriah, Indah Nurhaliza Purnama dan dilanjutkan ceramah agama dengan mengundang Ustad Drs, Munthasir, sebagai penceramah dalam kegiatan menyambut kalender tahun baru Islam 1446 H pada tahun 2024 M. 

Ustad Drs, Munthasir, Menyampaikan dalam siraman rohaninya, Menjelaskan, Dalam Momen memperingati 1 Muharram pada malam hari ini yang kebetulan juga, Kemarin baru saja memperingati Hari Jadi Bima pada tanggal 5 juli 2024, Kita semua harus tahu sejarah berdirinya Bima. "saya telah mengarang buku Sejarah Bima sekitar 700 halaman, akan tetapi saat ini belum bisa saya cetak karena masih kendala dukungan anggaran". Jelasnya.

Munthasir, Menceritakan, tentang sejarah lahirnya Bima pada tahun 1640 Masehi, Dulu pernah ke jakarta di tanya, kenapa Daerah bapak di namai Bima, karena Pasukan bima dulu pernah memiliki bala tentara pada pasukan Majapahit, terjadi kolaborasi kerajaan Majapahit dan Bima yg awalnya mereka terdampar di Pulau Satonda dan bertemu dengan anak raja Tambora, Itulah awalnya dari sejarah lahirnya nama Mbojo yang kini menjadi Bima, oleh sebab itu kita sebagai orang bima harus tau tentang sejarah bima ketika ditanya kita dapat menceritakannya. Harapnya.

Selanjutnya Ustad Munsthasir, Menyampaikan tentang sejarah para Nabi-Nabi, Dalam memperjuankan dan mensyiarkan agama islam para Nabi yang menjadi utusan Allah tentunya dalam perjalanannya mendapat tantangan yang berat, Perjuangan Rasulullah saw, dalam mendirikan Islam tentu tidak mudah beliau di kejar oleh tentara bergajah maupun rintangan lainnya.

Kota Madinah dulu kota yg kotor, hadirnya Nabi Muhammad Saw, merubah kota tersebut menjadi pusat syiarnya Islam lalu berkembang di beberapa kota besar lainnya di arab. 

Melalui Momen memperingati 1 Muharram Ustad Munthasir mengajak, Setiap ada perubahan pergantian waktu yang kita lakukan adalah muhasabah atau introspeksi diri dan merubah diri untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Harapnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir, Kepala desa Waduwani ,Hery M.Tahir beserta Perangkatnya, Ketua BPD,Bustamin S.pd, Babinsa Sertu Ruslan, Babinkamtibmas ,Briptu Imam Banurusman, Babin Trantibum ,Juanda unsur lembaga desa, Ketua remaja mesjid ,Zulkifli S.pd, Pengurus mesjid ,Ahmad H.idrai S.pd M.pd.Serta Tokoh agama,para alim ulama ,para pemuda ,tokoh wanita. ( zain)

Load disqus comments

0 comments