Sejumlah Da'i Lakukan Kegiatan Jaulah Keliling Pantai Amahami - Lawata Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id.-Sejumlah Da'i (Ustad), pada Sore Sabtu 27 Juli 2024, melaksanakan kegiatan Jaulah keliling disepanjang Pantai Amahami-Lawata hingga Pesisir Pantai Jenamawa Ni'u Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.

Kabag Kesra H.Sirajudin,S.Sos Taujiyah di Musholah Baitul Hamid Jenamawa Ni'U Sore Sabtu 27 Juli 2024 menjelaskan tentang apa itu Jaulah. 

Jaulah merupakan kegiatan berkeling-keliling yang dilakukan satu kelompok jamaah dengan mendatangi masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah yang dilakukan pada waktu sore hari sebelum tiba shalat Magrib.

Pantauan Langsung Media seperti dikutip dari LONDA POST dilapangan Sabtu Sore kemarin menunjukkan; Tujuan digelar tabligh keliling para Ustad ini, adalah disamping memperkuat nilai-nilai Ukhuwah Islamiah, juga kegiatan tabligh ini dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan risalah atau ajaran Allah dan Rasul kepada seluruh umat muslim sehingga dapat diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Para Da'i yang hadir saat kegiatan ini diantaranya; Ustad Haris,Sag, utd Iwan, utsd Bambang, ustd Gufran, juga ikut dihadir Kabag Kesra Setda Kota Bima H. Sirajudin,.S.Sos.

Kepada Media ini, Ustad Haris mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan tersebut selama 3 hari dengan metode pendekatan Humanis pada para adik-adik pemuda-pemudi pengunjung Pantai JenamawA, Amahami - Lawata saat sore hari."

" Kami lakukan pendekatan spiritual yaitu menggunakan prinsip dan kaedah komunikasi yang terdapat dalam al-Quran dan Hadis. Cara yang digunakan adalah mengajak kepada ma'ruf dan mencegah kemungkaran, menasehati dan menegur. Dalam hal ini, komunikasi Islam senantiasa mengubah perlakuan buruk individu atau khalayak sasaran menjadi perlakuan yang baik, dengan metode Jaulah ini kata Ustad Haris, rasanya dapat diterima masyarakat termasuk adik-adik remaja." Ucapnya.

Lebih jauh dijelaskanya, metode Jaulah keliling seperti ini, bisa dikatakan cukup berhasil. Para Jamaah Tabligh telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat penerima dakwah bahwa hanya dengan usaha para jamaah, pengetahuan dan pemahaman keagamaan mereka bertambah dan melalui pesan-pesan dakwah yang disampaikan para Jamaah Tabligh, masyarakat dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

" Semua berjalan dengan baik, adik-adik remaja diajak sholat Magrib bersama di Musholah Baitul Hamid Jenamawa Ni'u sekaligus mendegarkan Tausiyah singkat dari Kabag Kesra Setda Kota Bima H.Sirajudin,S.Sos." jelasnya.

Kabag Kesra Setda Kota Bima H.Sirajuddin,S.Sos usai Tausiyahnya dikonfirmasi Londa Post mengatakan; Pihak mengapresiasi apa yang dilakukan para Da'i jamaah Tabligh keliling ini." Kegiatan ini cukup baik diterima masyarakat karena memperkuat nilai-nilai Ukhuwah Islamiah, juga kegiatan tabligh ini dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan risalah atau ajaran Allah dan Rasul kepada seluruh umat muslim sehingga dapat diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari." Ucapnya.

Pihaknya mengaku baru pertama kali datang di perkampungan Jenamawa Niu Kelurahan Dara. Warga bermukim di Jenamawa Ni'u berdasarkan laporan Tokoh Warga setempat ada sekitar lebih dari 40 KK yang dihuni hampir 100 jiwa, ini perlu mendapat perhatian renovasi rumah ibadah mereka.

" InsaAllah Musholah Baitul Hamid Jenamawa Ni'u pasti mendapat bantuan dari Pemkot Bima untuk renovasi, karena selama 2 tahun yang saya dengar kurang aktif digunakan akibat kondisinya memprihatinkan, InsaAllah lewat proposal warga setempat ke bagian Kesra pemkot, kita akan tindaklanjuti kepada Pimpinan daerah." Ucapnya. (MDG024).

Load disqus comments

0 comments