Pelaksanaan Ruwatan Pekon Dadapan, Masyarakat Di Hibur Oleh Pagelaran Wayang Kulit.




Tanggamus –MediadinamikaGlobal.id  Masyarakat Pekon Dadapan, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, melaksanakan bersih Pekon atau ruatan dengan di meriahkan pagelaran Wayang Kulit. Minggu (4/8/2024)

Acara ruatan tersebut di hadiri oleh Dewan terpilih partai PKB, Ajis, Ketua DPK Apdesi Sumberejo, Ketua DPK Apdesi Gisting, Intelkam Polda Lampung, Babinkamtibmas, Babinsa, seluruh Kakon Kecamatan Sumberejo.

Selain itu nampak hadir, Ketua DPD GWI Provinsi Lampung, Djunaidi, Ketua DPC GWI Kabupaten Tanggamus, Darwin beserta pengurus dan jajaran, serta seluruh masyarakat setempat.

Pembukaan acara tersebut di awali dengan mendengarkan sambutan dari Kepala Pekon Dadapan, Kecamatan Sumberejo, Puguh Haryanto.

Puguh Haryanto mengatakan, bahwa acara ruatan Pekon tersebut, di iringi dengan hiburan rakyat pagelaran wayang kulit yang diberikan judul, “Wahyu Ketentraman”

“Pagelaran wayang kulit, adalah sebuah tradisi budaya kearifan lokal yang harus kita jaga dan lestarikan,”Kata Puguh

Lebih lanjut, Puguh Haryanto mengatakan, bahwa acara ruatan atau bersih desa, merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia-Nya Allah SWT.

Kemudian dalam rangka menyambut bulan suci 1 Muharram 1446 Hijriah, harapan untuk masyarakat Kecamatan Sumberejo, dan Masyarakat Kabupaten Tanggamus pada umumnya, selalu dalam lindungan Allah SWT.

“Harapan kita semua agar diberikan aman, tentram, guyub, rukun, gotong royong, panjang umur, Rizki nya ingkang barokah, hasil bumi yang berkelimpahan, gemah ripah loh jinawi,”begitu harapan yang disampaikan oleh Puguh Haryanto.

Puguh Haryanto pun menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan Tim Persatuan Sepak Bola Dadapan (Persada), yang telah meraih kemenangan sebagai juara umum turnamen pertandingan sepakbola Karang Taruna Cup Se-Provinsi Lampung yang dilaksanakan di babak final tanggal 28 Juli 2024 yang lalu.

“Alhamdulillah tim Persada di bawah pimpinan Sat Intelkam Polda Lampung, Junaid, Tim Persada dapat mengharumkan Bumi Begawi Jejama ini, semoga acara terlaksana setiap tahunnya,”Tutupnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPK Apdesi Sumberejo, Dariyanto, ia juga menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan acara ruatan Pekon Dadapan dengan di barengi pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang didalangi oleh Ki Agus Mantap Sudarsono dari Kecamatan Gisting.

“Suatu Kebahagiaan Kami bersama Masyarakat Pekon Dadapan khususnya dan Masyarakat Kecamatan Sumber Rejo kabupaten Tanggamus pada umumnya dapat Melaksanakan dan Menyaksikan pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk,”Ujarnya.

Di ketahui, dalam rangkaian acara kegiatan ruatan Pekon Dadapan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2024 tersebut, di awali dengan do’a bersama.

Kemudian pada malam minggu, dilanjutkan dengan acara panggung hiburan rakyat, dengan mengundang Pagelaran Wayang Kulit.

Acara tersebut dilaksanakan secara rutin pada setiap tahunnya, tanggal 1 Muharram yaitu tahun baru Islam. (Umar.MDG)

Load disqus comments

0 comments