Pemdes Raba Gelar Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT, Semarak Harlah Desa Ke-103


BIMA.Media Dinamika Global. Id.-Pemerintah Desa Raba Kecamatan Wawo Kabupaten Bima NTB Bersama sama dengan Panitia Lomba Melakukan Kunjungan Lapangan disetiap sudut Gang dan Lorong dalam Rangka Memberikan Penilaian dan juga Wawancara langsung Dengan Warga dan Ketua RT pada Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Se-Desa Raba. 

Desa Raba memiliki 16 RT yang dinilai  berdasarkan informasi dari Ketua Panitia Lomba akan diambil Lingkungan RT terbaik dan berhak akan mendapatkan Hadiah Berupa Uang Tunai dan Penghargaan 

Nampak Terlihat Hadir saat Penilaian Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT di Desa Raba adalah Tim Juri Sebanyak 5 orang termasuk didalamnya Sebagai Juri adalah Perwakilan Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo, Pemerintaha Kecamatan Wawo yang diwakili oleh Ka.SatPol.PP dan anggota, Koramil 06.1608/Wawo, dan Polsek Wawo. 

Berdasarkan Informasi dari Tim Juri bahwa Penilaian Lomba ini meliputi 5 Indikator Penilaian antara lain : 

1. Nilai Kesehatan Lingkungan (Indikator : WC,Sanitasi dan Limbah Sampah)

2. Nilai Inovasi Lingkungan (Indikator : Keunikan Hiasan Lingkungan RT,Motto/Slogan Dilingkungan RT Contoh Jagalah Kebersihan Lingkungan RT)

3. Nilai Keindahan Lingkungan (Indikator : Hiasan Lingkungan,Taman Halaman Rumah dan Tata Lingkungan  RT)

4. Nilai Kebersihan Lingkungan (Indikator : Halaman Bersih,Alat Kebersihan dan Tempat Sampah)

5. Nilai Keamanan Lingkungan (Indikator : Pagar Halaman Rumah,Kerapian Pagar Lingkungan RT,Ketertiban RT dan Juga melakukan Wawancara langsung terhadap Ketua RT).

Kepala Desa Raba,Syamsudin mengatakan, lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Se-Desa Raba ini dalam rangka Menyemarakan dan Memeriahkan kemerdekaan hari ulang tahun (HUT) Desa Raba Ke- 103 dan HUT RI Ke-79.

Dan ini merupakan suatu apresiasi yang sebesar besarnya dari kami perintah desa, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya di gagas jauh- jauh hari terutama oleh ketua RT/RW serta warganya yang ada di lingkungan Desa Raba.

“ Kami Pemdes Raba bersama Panitia Penilaian Lomba pada hari ini melakukan penilaian terhadap lingkungan dengan memasuki setiap Gang dan lorong di setiap sudut guna memberikan penilaian langsung dalam merayakan hari jadi Desa Raba Ke-103 dan menyongsong hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia,"tutur Syamsudin,Rabu (7/08/2024) malam. 

“Kami mengapresiasi dan menghargai setinggi-tingginya dari segala bentuk upaya kegiatan yang di lakukan oleh warga masyarakat di lingkungan Desa Raba dan ini suatu kebanggaan untuk pemerintah desa.

Syamsudin Juga berharap kegiatan tersebut kedepannya menjadi suatu kegiatan rutinitas baik itu dari hari ke hari atau minggu ke minggu supaya masyarakat terbiasa untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Jadi tidak setiap seremoni saja, tapi lebih kedepannya memberikan edukasi, memberikan pendidikan untuk bagaimana cara menginovasi di lingkungan sendiri supaya terbebas dari sampah dan bagi mana cara pengelolaan sampah, bagaimana cara penataan lingkungan dengan baik, ” ucapnya. 

Pantauan awak Media saat Penilaian Lomba oleh 5 orang Tim Juri juga didampingi langsung oleh Kepala Desa,Sekdes dan Seluruh Perangkat Desa,Ketua BPD dan Anggota BPD, Pendamping Desa Kecamatan Sape,PKK Jia ,Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua RT/RW,LPMDesa,Karang Taruna dan beberapa Masyarakat.

Kegiatan Penilaian Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Desa Raba Berlangsung dengan lancar tertib dan Sukses.(MDG05

Load disqus comments

0 comments