Penutupan Peringatan Harlah Desa Raba Ke-103 Tahun, Kades Raba Ajak Masyarakat Pertahankan Dan Tingkatkan Kearifan Lokal Yang Saat Ini Masih Berjalan


BIMA-Mediadinamikaglobal. id || Dalam rangka kegiatan penutupan memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-103 Tahun 2024 Desa Raba,Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan mengangkat Tema "Kita Wujudkan Desa yang Ramah, Aman, Bersih dan Agamais" Kepala Desa  Raba Syamsuddin Pesanan untuk tetap pertahankan kearifan lokal yang sampai saat ini masih berjalan, Sabtu (10/8/2024) malam. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Wawo Syarifudin Bahsyar,S.Sos, Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S. Sos, Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo Ismail, S. Pd, Danramil 06.1608/Wawo diwakili oleh Babinsa Desa Raba Serka Supratman, Kapolsek Wawo diwakili Bhabinkamtibmas Desa Raba Bripka Wahyuddin, Ketua PKK Kecamatan Wawo, Kepala Desa Raba Syamsuddin, Sekdes Raba Ibrahim, S. Sos, Sekdes Kombo Jeni Rahmat, Ketua PKK Desa Raba dan anggota, Kepala Sekolah SMPN 2 Wawo Ikram Alwi, S. Pd, Kepala Sekolah SLTP N 1 Wawo Sri Hartati, S. Pd, Ketua Panitia Pelaksana M. Natsir, S. Ag dan anggota, Ketua BPD dan anggota, Perangkat Desa Raba, Babintrantibum Desa Raba Ekoriadin, Karang Taruna Desa Raba, Linmas Desa Raba, Ketua-ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh wanita, tokoh pemuda dan masyarakat pada umumnya. 

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, M. Natsir, S. Ag, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dimulai sejak tanggal 27 Juli 2024 yang bertepatan pada hari jadi Desa Raba Ke-103 yang diawali dengan pawai budaya, gerak jalan indah, lomba penerangan, lomba penataan lingkungan dan lomba masakan tradisional. 

Ketua-ketua RT Desa Raba dan tamu undangan

Kegiatan itu bisa berjalan dengan baik tampa ada halangan apapun, dalam mensukseskan program Pemerintah Desa Raba. 

"Saya mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi seluruh masyarakat, karena kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses sesuai harapan kita bersama, " Ucap M. Natsir, S. Ag. Sabtu (10/07/2024) pukul 21:00 Wita. 

Penampilan hadrah dari Karang Taruna Desa Raba. 

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pendidikan khususnya kepada masyarakat agar bisa membudayakan lingkungan pola hidup bersih, sehat dan menjaga kearifan lokal. 

Penyerahan hadiah kepada juara sekaligus Kepala Desa Raba Syamsuddin memberikan reward kepada seluruh Ketua-ketua RT Lingkup Desa Raba. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Raba Syamsuddin, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas kesempatan waktu yang diberikan Camat Wawo beserta rombongan telah menyempatkan diri hadir pada kegiatan penutupan Harlah Desa Raba Ke-103 Tahun 2024.

Kepala Desa Raba dalam menyampaikan sambutan dalam kegiatan penutupan Harlah Ke-103 Tahun di Lapangan Umum Desa Raba,Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Syamsuddin berharap di harlah Desa Raba yang ke-103 ini seluruh masyarakat kedepanya bisa lebih kompak dan lebih meningkatkan gotong royong sehingga Desa Raba bisa dipikul bersama dan menjadikan Desa Raba lebih maju seperti apa yang dicita-citakan. 

"Kepada Pemerintah Kecamatan Wawo, Ketua-ketua RT/RW, seluruh panitia dan perangkat desa kami ucapkan terimakasih atas sumbangsih tenaga dan pikirannya selama ini, semoga kedepannya juga bisa kembali memberikan sumbangsih yang lebih kepada Desa Raba sesuai dengan Visi misi desa kami," Ucapnya. 

Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S. Sos


Sementara Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S. Sos mengatakan bahwa kegiatan ini terhitung sejak tanggal 27 Juli 2024 sampai dengan malam hari ini tanggal 10 Agustus 2024 merupakan waktu yang cukup lama Bapak dan Ibu yang lewati oleh seluruh masyarakat Desa Raba pada kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia pelaksana.

"Ini sebenenarnnya bukan semata-mata kegiatan harlah, akan tetapi kegiatan pesta rakyat yang dinikmati oleh kita bersama, Mudah-mudahan  kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dan berlanjut tiap tahunnya" Ungkap Camat Wawo. 

Lanjutnya, karena banyak hal yang harus kita petik pada kegiatan ini seperti berbagai macam kegiatan lomba yang diadakan mulai dari pawai budaya, lomba penerangan,penataan lingkungan dan yang terakhir lomba masakan tradisional. Mulai dari hal-hal yang terkecil sampai hal-hal yang terunik ditampilkan oleh masyarakat Desa Raba, suatu kebanggaan yang luar biasa sekali.

"Tujuan dari kegiatan pelaksanaan ini sangatlah krusial, karena seluruh masyarakat Desa Raba bisa berpolarisasi terbiasa hidup bersih dan sehat serta dapat mengkonsumsi makanan-makanan tradisional bukan makanan-makanan yang instan yang dapat merusak kesehatan, "tuturnya.

Jadi salah satu mata lomba yang diadakan oleh panitia pelaksana pada saat ini yang paling kami respect adalah lomba masak tradisional, tidak kalah menariknya tadi kita sudah melihat ataupun menyaksikan film profile atau dokumenter yang ditampilkan oleh panitia pelaksana ini sangat luar biasa sebab ini akan menjadi sejarah bagi generasi kedepannya.

"Kami atas nama pribadi ataupun Pemerintah Kecamatan  Wawo mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah Desa raba dan BPD yang telah menganggarkan dana desa yang berasal dari APBDes Tahun 2024 ini untuk pelaksanaan kegiatan harlah seperti tahun kemarin. Kesuksesan ini bukan karena saya tetapi karena kami dan karena mereka artinya ini karena kebersamaan, hubungan semua elemen masyarakat terutama kepada lembaga masyarakat yaitu ketua-ketua RT/RW sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintah Desa raba,"ucapnya.

Kemudian nanti pada saatnya pada pembacaan pengumuman Hadiah atau pemenang kami sangat berharap khusus kepada bapak ibu atau ketua-ketua RT/RW, apapun yang menjadi keputusannya nanti agar bisa diterima dengan lapang dada.

"saya yakin tim penilai sudah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. juara bukanlah hal yang paling utama, akan tetapi membangun hubungan kebersamaan dan memiliki jiwa kegotongroyongan dalam menata lingkungan itu adalah yang terpenting. Sekali lagi harapan kami jangan sampai merasa ada yang dirugikan, diskriminasi dan sebagainya bisa menyebabkan perpecahan antar sesama dalam kehidupan bermasyarakat, "tutupnya.

Dalam pantauan awak media, kegiatan berjalan aman dan sukses, serta diakhiri dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah. (MDG05)

Load disqus comments

0 comments