Rayakan HUT RI KE-79,Pemdes Jia Bersama Mahasiswa KKN STKIP Bima Gelar Lomba Penataan Lingkungan dan Lampu Hias


Sape Bima.NTB.Media Dinamika Global.id (Minggu.18/08/2024) Pemerintah Desa Jia Kecamatan  Sape Kabupaten Bima NTB Bersinergi dengan Mahasiswa (i) dari STKIP Taman Siswa Bima yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa setempat, dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 dengan Tema Nasional "Nusantara Baru Indonesia Maju" Melalui Panitia kecil yang telah terbentuk menggelar lomba Penataan lingkungan Bersih dan Lampu Hias Tingkat RT Se - Desa Jia.



Perlombaan agustusan ini sebagai upaya pemerintah desa bersama Mahasiswa KKN STKIP Taman Siswa Bima memperkuat kembali jiwa gotong royong, kebersamaan,memupuk  persatuan antara sesama dan kemandirian dalam membangun desa

Kepala Desa Jia (Sukri H.Mansyur)  menjelaskan, Lomba Penataan lingkungan bersih, Lingkungan sehat dan Lampu Hias untuk penilaian malam hari ini adalah sebagai upaya edukasi pemdes untuk mengajak masyarakat agar menerapkan gaya hidup bersih, sehat, indah dan bersatu menuju desa Jia yang ASREP (Aman, Sehat, Rukun, Edukatif, Produktif). “Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan masyarakat secara mandiri dalam menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan peduli akan kesehatan lingkungan. Untuk itu agustusan ini adalah momen yang tepat untuk kembali mengajak masyarakat cinta lingkungan," ujar kades




Kades juga berharap, lomba yang selalu kita lakukan pada setiap momen HUT RI ini bisa menjadi konsep awal kemandirian masyarakat untuk kembali memupuk kebersamaan masyarakat Desa Jia yang rukun.

Penilaian lomba melibatkan beberapa pihak. Di antaranya Bhabinkantibmas, Babinsa,Tenaga Kesehatan dan Profesi sebagai dewan juri.

Pantauan awak media Warga Desa Jia sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut. Mereka bergotong-royong membersihkan lingkungan, pengecatan, memasang bendera merah putih dan umbul – umbul. Selain itu warga memasang tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing. Selain itu lampu hias semakin memperindah jalan poros dan jalan gang pada malam hari. Keindahan tersebut mengundang perhatian warga desa sekitar untuk datang melihat terutama saat malam hari.

Kegiatan Penilaian Lomba di lakukan oleh Panitia dan Juri pada siang hari dan malam hari,dan nampak terlihat saat penilaian lomba Penataan dan kebersihan lingkungan tingkat RT ini juga didampingi dan dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota BPD, Pendamping Desa Kecamatan Sape, Lembaga lembaga yang ada di Desa Jia serta Seluruh Mahasiswa KKN STKIP Taman Siswa Bima.

Kegiatan Berlangsung dengan lancar, tertib dan sukses yang dilanjutkan dengan foto bersama masyarakat di setiap gang dan jalan Desa.(Arif Sape/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments