Diduga Pakai Rangka Baja Non SNI, Proyek Rehabilitasi SMP NEGERI 02 Banjar Agung Patut Dipertanyakan.

Tulang Bawang - Mediadinamikaglobal.id || Proyek Rehabilitasi Gedung SMP Negeri 2 Banjar Agung yang berlokasi di Tugu Kuning, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, diduga tidak sesuai dengan spesifikasi. Selasa,. (01/10/2024) 

Proses pengerjaan proyek rehabilitasi gedung Kegiatan Belajar Mengajar yang sedang berjalan baru mencapai tahapan sekitar 70 % ini, menggunakan bahan material mutu rendah seperti rangka baja ringan pada bagian atap bangunan yang memakai merk  bercampur bukan yang pada umumnya tiap sekolah memakai merk Standar Nasional Indonesia (SNI).

Diduga lembut nya kualitas bahan besi rangka baja ringan ini akan berdampak dari kekuatan bangunan gedung tersebut, selain kondisi cuaca di wilayah ini yang agak ekstrim sering terjadi angin dan cuaca yang tak menentu sering menghantam atap rumah warga setempat dan berdampak pada keselamatan.

Selain itu memakai baja ringan yang non SNI semakin menguatkan adanya  indikasi kecurangan pada proses pengerjaan bangunan yang bersumber dari dana DAK  Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang, Sebagai mana seperti diketahui bahwa setiap pembangunan yang menggunakan uang negara seharusnya semua material yang digunakan harus bermutu dan berkualitas tinggi agar kualitas bangunan bertahan lama serta tidak mudah rusak.

Bangunan gedung Sekolah merupakan sarana penting untuk mendukung sarana prasarana dunia pendidikan, namun buruknya kualitas bangunan disebabkan oleh pihak Swakola pelaksana yang bermutu rendah dengan tujuan ingin mencari keuntungan besar, jika tidak teliti memang tidak diketahui karena merk yang dipakai hampir mirip SNI yang asli.

Mirisnya lagi konsultan pelaksana yang sangat jelas mengetahui hal ini di lapangan namun terkesan membiarkan saja dan tidak melakukan langkah tegas, tidak mungkin selaku konsultan tidak mengetahui rangka baja yang harus dipakai berstandar SNI. 

Selain itu PPK dan PPTK seharusnya melakukan pengawasan pada produk produk bahan baku baja ringan berstandar SNI harus diperketat dan dikawal betul oleh pemerintah apalagi hal ini terjadi bukan di SMP NEGERI 2 Banjar Agung saja namun masih ada dibeberapa sekolah lain di Kabupaten Tulang Bawang, jika dibiarkan saja maka akan berdampak pada keselamatan siswa dan guru nantinya, pengguna baja ringan dimana saat ini telah berlaku SNI untuk baja ringan 4096:2007 ( SNI bahan baku ) dan 8399:2017 ( SNI profil baja ringan ).

Hasil investigasi lainnya juga ditemukan dari salah satu narasuber yang nggan disebutkan namanya, menyampaikan klo soal rangka baja ini saya kurang tau pak, lantas awak media bertanya, setelah dipasangnya rangka baja ini genteng nya pada kemana, jawab narasuber, Setau saya genteng nya di hibahkan ke pondok pesantren pak entah itu di unit 6 apa unit 7 pak ucapnya, 

Yang jadi pertanyaan dari para awak media, apakah memang sudah ada aturannya klo setiap perehapan gedung sekolah setiap barang yang diganti bisa di berikan atau di hibahkan ke orang lain yang membutuhkan nya, tandanya,. 

Sampainya berita ini diterbitkan belum ada hasil konfirmasi dengan pihak sekolah dan pihak yang terkait.( Fs/Red) 
Load disqus comments

0 comments