Fakta, HMR Selaku Mantan Kepala BPBD NTB Mampu Atasi Dampak Banjir Kota Bima Tahun 2016


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id.- Peristiwa banjir bandang di Kota Bima terjadi pada hari Rabu, 21 Desember 2016 lalu, akibat hujan deras yang mengguyur kota Bima sejak pagi hari. Ini sudah sangat Fakta sekali bukan Relayasa ataupun Mitos seperti yang terurai dalam Medsos beberapa hari yang lalu.

Akibat dari peristiwa tersebut semua kecamatan di Kota Bima terendam banjir. Selain rumah, juga merusak fasilitas pemerintah, seperti perkantoran, sekolah, jalan dan jembatan, bahkan merusak lahan pertanian, termasuk hewan ternak. 

Pada tahun 2016 lalu, Ir. H. Mohammad Rum, MT menjabat Kepala BPBD Nusa Tenggara Barat yang berperan penting dalam Penanggulangan bencana banjir bandang yang melanda Kota Bima saat itu. 

Hal itu diungkap oleh BeZed Ompu LaGenta. Dia merupakan saksi hidup yang sangat tahu tentang peran H. Mohammad Rum saat itu. 

BeZed Ompu LaGenta menceritakan, saat itu kebetulan ia memiliki 2 sahabat sedang memangku jabatan penting yang berhubungan dengan penanggulangan bencana yaitu Ustadz Mohammad Rum Kalak BPBD NTB dan ustadz Akhsanul Kepala Dinas Sosial NTB.

“Saya tahu betul apa yang dilakukan beliau berdua ini pada saat itu, bersatu padu  dengan seluruh elemen institusi Pusat dan Daerah  mengatasi dampak banjir, berbaur dengan masyarakat, dengan seluruh tubuh belepotan penuh lumpur, kedinginan dan  berbasah-basahan di ruang terbuka dstnya dstnya,”  tulis akun BeZed Ompu LaGenta dilaman Facebooknya 

Lebih lanjut Ia bercerita, bahkan pada saat itu  Pemprov NTB melalui BPBD Nusa Tenggara Barat yang dikomandoi oleh  H. Mohammad Rum atau Aji Rum memberikan bantuan sebesar Rp 4,2 Milyar dalam bentuk pangan dan logistik yang dibutuhkan masyarakat Kota Bima saat itu. 

“Jadi alangkah keliru dan lucu jika ada yang bilang bahwa beliau-beliau ini tidak punya peran ketika peristiwa pahit dan menyedihkan itu terjadi…… #Naudzubillaah,” terang Bezed mengakhiri statusnya. (TIM)
Load disqus comments

0 comments