Gugus Kananta Evaluasi Program PMT Dan Parenting PAUD


Soromandi. Media Dinamika Global. Id.-Sejak digulirkannya Dana Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD), Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak usia dini sudah melekat dengan program Pemerintah Pusat. Sehingga dalam implementasinya semua anak harus mendapatkan PMT. 

Elvi Susanti, S.Pd selaku kepala TK Pioner Bahari menyampaikan bahwa "kami sudah menjalankan program PMT dari sejak lama dalam bentuk makan bersama. Sekarang kami mengikuti juklak juknis dari direktorat PAUD" tandasnya

Elvi menambahkan bahwa kudapan (menu) diperoleh dari bahan lokal seperti bubur kacang dan ubi ditambah dengan susu dan telur. Frekuensi pemberian mengacu pada program anggaran dalam Arkas BOP" tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Arifuddin yang biasa disapa bang Arif menuturkan bahwa selain PMT ada program lain yang wajib dilaksanakan oleh lembaga PAUD yaitu Pendidikan bagi orang tua (Parenting Education). Program ini menjadi motor penggerak bagi kerjasama dan keterhubungan orang tua dan pihak sekolah. Materi-materi dipilih sesuai kondisi anak, bulliying, kekerasan terhadap anak, sosial budaya dan penyesuaian era perkembangan teknologi sekarang (gadget). Pilihan waktu yang ideal adalah pada saat penerimaan siswa baru dan menjelang pentas akhir tahun. Ya, setidaknya minimal 2 kali dalam setahun" tutupnya

Untuk mendukung program ini Bunda PAUD Desa juga harus memberikan dukungan moril dan material serta kemitraan dengan Unit Pelaksana KB di Kecamatan melalui program Bina Keluarga Balita (BKB).

PMT dan Parenting diharapkan menjadi program unggulan untuk mendukung tumbuh kembang anak khususnya di Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Amin.(***)

Load disqus comments

0 comments