Guna Meningkatkan Pemahaman dan Kesiapan Puskesmas Se-Kabupaten Bima, Dinkes Gelar Orientasi Integrasi Layanan Primer


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima menyelenggarakan kegiatan Orientasi Integrasi Layanan Primer bagi Puskesmas Se-Kabupaten Bima. Selasa, (24/09/24)

Acara yang berlangsung di Hotel Lila Graha ini dihadiri oleh berbagai pejabat terkait dari lingkup Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan Puskesmas dalam mengimplementasikan program Integrasi Layanan Primer, sebuah inisiatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dasar di tingkat masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Kepala Bidang di lingkup Dinas Kesehatan, Ketua Tim Kerja Integrasi Layanan Primer, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bima

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Fahrurahman, SE, M. Si, menekankan pentingnya integrasi layanan primer untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas.

“Integrasi Layanan Primer akan memungkinkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif dan terpadu,” ujarnya.

Untuk meningkatkan layanan kesehatan yang komprehensif dan terpadu, penting adanya kelengkapan sarana dan prasarana di Fasilitas kesehatan.

Tanpa infrastruktur yang memadai, upaya untuk memberikan pelayanan berkualitas akan terhambat, oleh karena itu, investasi dalam pembangunan dan pemeliharaan fasilitas kesehatan sangatlah vital,

Selain itu, pembiayaan juga menjadi kunci untuk menciptakan sistem kesehatan yang berkelanjutan. Sumber-sumber pembiayaan seperti dana kapita si puskesmas, dana pokok pikiran dewan perlu dimaksimalkan dengan adanya dana yang cukup Dinas kesehatan dapat menyediakan layanan yang lebih baik, papar pria berkacamata ini.

Kabid Kesmas Sitha Isa Arahmawati, S. Tr.Keb melalui ketua tim kerja Agus Herijaya menyampaikan bahwa Orientasi ini akan dilaksanakan selama 5 hari mencakup berbagai sesi termasuk pemaparan konsep Integrasi Layanan Primer, diskusi tentang tantangan implementasi, serta perencanaan strategis untuk penerapan program di masing-masing Puskesmas.

Diharapkan melalui orientasi ini, seluruh Puskesmas di Kabupaten Bima dapat segera menerapkan Integrasi Layanan Primer, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kab.Bima. (MDG 023)

Load disqus comments

0 comments