Harita Nickel Raih Dua Penghargaan Bea Cukai Award 2024


TERNATE, Media Dinamika Global. Id.- 11 September 2024 - Perusahaan pertambangan dan pemrosesan nikel terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk(NCKL) atau Harita Nickel, yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, berhasil meraihdua penghargaan dalam acara Bea Cukai Ternate Award 2024 yang digelar di Ballroom Royal Resto, Kota Ternate, Rabu (11/9).

Penghargaan yang digagas oleh Kantor Pengawasandan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate itu memberikan penghargaan kepada dua perusahaan yang berada dalam naungan Harita Nickel, yakni PT Halmahera Persada Lygend (HPAL) dan PT Halmahera Jaya Feronikel (HJF).

Untuk PT HPAL, penghargaan diberikan dengankategori sebagai Perusahaan Kawasan Berikat denganDevisa Ekspor Terbesar Tahun 2023. Sementara untukPT HJF, kategorinya adalah sebagai Perusahaan Pengguna Fasilitas Kepabeanan Terbaik Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh KepalaKantor Bea Cukai Ternate, Jaka Riyadi kepada KepalaKantor Harita Nickel Perwakilan Ternate, Dedi Hermansyah, untuk PT HPAL. Sedangkan penghargaankepada PT HJF, diterima oleh Al-Sahid dari Export Import Department Harita Nickel. Saat hadir dan menerima penghargaan, keduanya didampingi oleh Mardianto Adi Wardhana yang juga dari Export Import Department.

Kepala Kantor Harita Nickel Perwakilan Ternate, Dedi Hermansyah menyampaikan apresiasinya ataspenghargaan yang diberikan dan turut menyampaikanbahwa penghargaan ini tidak lepas dari dukunganprospek pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara yang saat ini menempati posisi teratas dari semua provinsiyang ada di Indonesia.

“Harita Nickel akan terus berkomitmen memberikanyang terbaik untuk Indonesia, sesuai dengan tagline yang kami sampaikan selama ini yakni: Dari Obi, untukIndonesia. Komitmen itu akan terus kita jaga ke depandengan sinergi dengan Bea Cukai maupun instansiterkait lainnya,” singkatnya.

Sementara Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Jaka Riyadi, memberikan apresiasi kepada Stakeholdersmaupun pengguna jasa, termasuk Harita Nickel, atasdukungannya kepada Kantor Bea Cukai Ternate untukdapat memenuhi target setiap tahunnya dalampelayanan kepabeanan di Maluku Utara.

“Di masa mendatang, dengan dukungan Stakeholders, Bea Cukai Ternate akan terus mengawal proses kepabeanan di Provinsi Maluku Utara. Kami berkomitmen memperbaiki maupun meningkatkanpelayanan untuk lebih baik lagi. Kami mohon dukungankepada seluruh Stakeholders maupun pengguna jasa,” tandasnya.

Dalam acara Bea Cukai Ternate Award 2024 juga dihadiri oleh Asisten II yang mewakili Pj GubernurMaluku Utara, Kasi Intel yang mewakili KomandanKorem 152/Babullah, Danlanal Ternate, Direktur Ditresnarkoba yang mewakili Kapolda Maluku Utara, BNN Maluku Utara, serta berbagai pengguna jasa atauStakeholders dari Bea Cukai Ternate.

Tentang Harita Nickel PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel merupakan bagian dari Harita Group yang mengoperasikanpertambangan dan pemrosesan nikel terintegrasi berkelanjutandi Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. 

Selain IUP Pertambangan, perusahaan sejak 2016 telah memiliki pabrikpeleburan (smelter) nikel saprolit dan sejak 2021 juga memiliki fasilitas pengolahan dan pemurnian (refinery) nikellimonit di wilayah operasional yang sama. 

Kedua fasilitastersebut hadir untuk mendukung amanat industrialisasi daripemerintah Indonesia. Harita Nickel menjadi pionir di Indonesia dalam pengolahan dan pemurnian nikel limonit(kadar rendah) dengan teknologi High Pressure Acid Leach(HPAL). 

Teknologi ini mampu mengolah nikel limonit yang sebelumnya tidak dimanfaatkan, menjadi produk bernilaistrategis berupa Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). 

Denganteknologi yang sama, MHP sebagai intermediate product telahberhasil diolah menjadi produk akhir berupa nikel sulfat dan kobalt sulfat yang merupakan material inti pembuatan katodasumber energi baru, yaitu baterai kendaraan listrik.(***)

Load disqus comments

0 comments