Kadis Dikpora Secara Resmi Membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Operator Se-Kecamatan Kabupaten Bima


Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos., MM membuka secara resmi pelaksanaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi OperatorDapodik Sekolah Angkatan 1 Se-Kabupaten Bima. Rabu, (25/09/24)

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor PGRI Kabupaten Bima tepatnya di Kecamatan Belo," dengan dihadiri oleh 245 operator Dapodik Sekolah dari 7 Kecamatan, antara lain Kecamatan Woha, Kecamatan Belo, Kecamatan Palibelo "Kecamatan Monta, Kecamatan Langgudu Kecamatan Parado" Kecamatan Lambitu untuk tahap Satu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para operator dalam pengelolaan data, termasuk proses verifikasi, input, pembaruan, dan pengunggahan data. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kemampuan analisis dan pemanfaatan data guna pengambilan keputusan yang lebih strategis di bidang pendidikan.

Dalam bimbingan teknis ini, peserta diajak untuk mengidentifikasi residu data, melakukan pengukuran kualitas data, melakukan analisis data secara mendalam, serta mengoptimalkan pemanfaatan data sesuai dengan kebutuhan.

Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos MM., dalam sambutannya melalui Kabid PTK, Ico Rahmawati S,Pd.M.Pd. mengatakan kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam memastikan keakuratan dan kualitas data dalam sistem pendidikan nasional, seiring dengan perkembangan digitalisasi pendidikan, pungkasnya.

Lanjut Kabid PTK Ico Rahmawati, dengan demikian, diharapkan bahwa setelah mengikuti bimbingan teknis ini, para operator Dapodik Sekolah akan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola data pendidikan, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perbaikan sistem pendidikan di Wilayah Kabupaten Bima.

Ditempat yang sama Kasi PTK Abdulgani S.Pd.,M.Pd akrab disapa Pak Gen menjelaskan jumlah peserta yang Ikuti Bimtek ini adalah sebanyak 651 orang peserta di bagi menjadi tiga tahap, ujarnya 

Tahap satu berjumlah 245 orang Peserta, bagi Operator sekolah di 7 Kecamatan, mulai tanggal 28-29 September 2024, dan tahap kedua sebanyak 223 peserta, untuk Kecamatan Wawo, Kecamatan Sape, Kecamatan Wera, Kecamatan Ambalawi, 

tahap tiga kegiatan kkan dilaksanakan di Aula SKB Kabupaten Bima tepatnya di Kecamatan Bolo.

Yang akan dilaksanakan mulai 2-3 Oktober 2024 yang diikuti oleh Kecamatan Mada Pangga, Kecamatan Bolo, Kecamatan Soromandi, Kecamatan Sanggar, Kecamatan Tambora dengan jumlah Peserta 247 orang tutup Pak Gen (MDG 023/Ombus)

Load disqus comments

0 comments